Wajib Diketahui, Berikut 5 Alasan yang Membuktikan Menangis Sesekali Itu Perlu

2 min read

Menangis Sesekali Itu Perlu

Dalam menjalani kehidupan, tentunya sesekali anda berjumpa dengan masalah. Dimana masalah tersebut datangnya tidak hanya sekali dua kali saja, bahkan terkadang bisa datang bertubi tubi secara bersamaan. Pada posisi ini, ternyata menangis sesekali itu perlu baik untuk laki laki maupun perempuan. Berikut manfaat menangis yang perlu anda ketahui.

Alasan Anda Perlu Sesekali untuk Menangis

Menahan Diri Justru Membuat Hati Merasa Kacau

Alasan pertama yang membuktikan bahwa menangis sesekali itu perlu, yaitu karena jika ditahan untuk tidak menangis maka perasaan anda bisa menjadi jauh lebih kacau. Pasalnya ketika berhadapan dengan masalah bertubi tubi di depan mata yang tidak kunjung selesai, perasaan memang menjadi kacau dan hati seolah rasanya sesak.

Apabila anda terus bersikap seolah tegar, padahal hati sedang ambruk. Maka bisa menyeret anda ke dalam kesakitan yang jauh berlipat ganda. Menangis sebentar malah bisa membawa diri ke arah kejujuran hati, melepaskan ketegangan, kemudian menjadikan hati lebih lega. Dan membuat penyesalan musnah, serta rasa syukur terlahir kembali.

Menangis Itu Manusiawi

Beberapa pria mungkin malu jika harus menangis, karena merasa jadi terlihat tidak jantan. Padahal manfaat menangis itu sangat banyak, dan aktivitas tersebut sangat manusiawi. Jika anda hidup tanpa pernah mengeluarkan air mata, justru membuat diri tidak lagi seperti manusia yang hakiki. Karena menangis ini merupakan salah satu bentuk emosi yang dimiliki oleh manusia.

Apakah anda percaya bahwa persoalan bahagia dan kesedihan dalam hidup merupakan siklus ? Dimana keduanya bisa datang bergantian dan terus berputar, hari ini anda bisa terpuruk dan menangis namun esok kebahagiaan dan tawa lega datang menyambut. Jadi tidak apa, menangislah untuk masa depan yang jauh lebih bahagia kedepannya.

Cara Termudah Menanggalkan Hal Negatif

Menangis Sesekali Itu Perlu

Ketika berhadapan dengan masalah atau kondisi yang membuat diri tidak nyaman, seseorang mungkin akan diliputi rasa kecewa atau marah yang bergejolak. Pada saat seperti itu, ternyata air mata bisa membebaskan diri dari perasaan negatif tersebut. Manfaat menangis dipercaya mampu menghilangkan beban yang menghalangi jalan berpikir seseorang.

Jadi bukan berarti anda cengeng, asalkan proses menangis ini tidak selalu tentang meminta tolong orang lain atau merendahkan diri sendiri maka tidak masalah. Pasalnya ketika berhadapan dengan masalah, jika diri sedang penuh pikiran negatif. Bisa mengakibatkan pikiran stres dan jalan keluar malah tidak bisa dicari dengan baik.

Dapat Mengintropeksi Diri

Terkadang seseorang bisa mengalami penyesalan yang mendalam, dan membuatnya tidak bisa bangkit dari keterpurukan. Penyesalan sendiri merupakan benang kusut yang sangat bisa dialami oleh manusia, setelah semua upaya yang dilakukan gagal. Perasaan tersebut sebenarnya juga sangat manusiawi, namun rasa ini juga tidak baik bila berlarut dan harus dibuang jauh jauh.

Dengan menangis, maka diharapkan anda bisa melakukan introspeksi diri sebab pada proses ini biasanya akan muncul guratan masa lalu. Dimana bisa membuat anda melakukan introspeksi, dan membuang semua rasa sesal yang ada bersamaan dengan air mata. Setelah itu, kejernihan pikiran dan hati akan terlahir kembali di dalam diri.

Menangis Baik untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa

Seorang psikolog klinis, Stephen Sideroff menyebutkan bahwa manfaat menangis baik untuk kesehatan. Karena proses tersebut mampu mengaktifkan tubuh dengan cara yang sehat, dimana kegiatan ini dapat menjadi sarana melepaskan stres yang mendukung kesehatan mental. Stres sendiri bisa membuat otot otot kencang, sehingga ketegangan tubuh menjadi meningkat.

Ketika anda menangis, maka akan melepaskan sebagian dari ketegangan pada tubuh tersebut. Karena proses ini mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang dapat mengembalikan tubuh ke kondisi semula (seimbang). Air mata juga mengandung cairan lisozim yang membuat mata tetap bersih, sehingga menangis ini bisa berdampak baik untuk fisik dan mental.

Meski memiliki banyak manfaat, ada kalanya menangis juga bisa menjadi batu sandungan apabila anda tidak melakukan intropeksi diri dan terus berlarut pada kesedihan. Sebaliknya, jadikan menangis sebagai ajang untuk kembali bangkit dan berjuang. Setelah pikiran jernih cari sumber masalahnya, ingatlah bahwa setiap benang yang kusut selalu memiliki ujung untuk diurai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *