Tips Melewati Masa Baby Blues Saat Anak Usia 2 Tahun, Bunda Baru Wajib Tahu

2 min read

Tips Melewati Masa Baby Blues

Menunggu waktu persalinan adalah momen mendebarkan sekaligus mengharuskan bagi seorang wanita. Namun karena perubahan hormon, sebagian besar ibu baru mengalami postpartum blues yang dapat mengubah suasana hatinya dalam waktu singkat. Bahkan dalam beberapa kasus, para ibu mengalami baby blues saat anak usia 2 tahun. Berikut tips melewati masa tersebut.

Tips Melewati Masa Postpartum Blues yang Bisa Anda coba

Jangan Sendirian

Jangan meninggalkan ibu dalam masa postpartum sendirian di dalam rumah, adalah salah satu tips yang perlu Anda ingat. Sebab ibu mana yang tidak merasa depresi ketika harus ditinggalkan sendirian ketika si kecil terus menerus merengek dan menangis, sedangkan di sisi lain Anda harus menyelesaikan pekerjaan rumah yang terus menumpuk tanpa akhir.

Memasuki usia aktif tersebut, si kecil merasa kurang nyaman ketika tidak ada sang ibu berada di dekatnya. Inilah mengapa sang ibu tidak bisa menyelesaikan tugas utamanya, hingga kehilangan waktu tidur yang cukup ketika malam tiba. Jika merasakan bahwa Anda telah sampai di kondisi tersebut, jangan pernah sungkan meminta bantuan dari pasangan maupun keluarga.

Menyediakan Camilan Sehat

Siapa yang menyangka bahwa ibu juga bisa merasakan baby blues saat anak usia 2 tahun. Kondisi ini dapat terjadi karena sang ibu terlalu sibuk merawat sang buah hati, hingga melupakan bahwa dirinya juga memerlukan makan agar energinya kembali terisi. Selain kekurangan energi, kondisi ini dapat mempengaruhi suasana hati.

Bagaimana agar tetap segar dan suasana hati tetap terjaga ? Anda bisa menyediakan camilan yang tinggi akan gizi dan vitamin sebagai alternatifnya. Mulai dari mengkonsumsi aneka buah buahan segar, menyantap sayuran, stik keju, atau mengkonsumsi cokelat sekali kali jika dibutuhkan. Sebaiknya tidak mengkonsumsi cokelat terlalu banyak, karena dapat meningkatkan gula darah.

Memanjakan Diri

Memanjakan Diri

Memasuki usia 2 tahun, si kecil sangat senang bereksplorasi dengan hal baru yang selama ini belum diketahuinya. sehingga tidak ada salahnya membawanya bersama Anda untuk memanjakan diri sejenak dari rutinitas harian. Mulai dari mengunjungi bioskop, mencicipi menu baru di restoran langganan, mandi lebih lama, dan masih banyak lagi cara lainnya.

Memanjakan diri bisa menjadi ajang untuk memberikan hadiah setelah berjuang menghadapi masa yang membuat Anda merasa depresi. Karena telah berhasil melewati masa tersebut, sesekali tidak ada salahnya menjadikan memanjakan diri sebagai prioritas untuk mengembalikan semangat menjalani hari bersama dengan malaikat kecil Anda.

Lebih Aktif Bergerak

Selama ini berolahraga dikenal sebagai salah satu cara agar tubuh tetap sehat dan bugar. Namun tahukah Anda bahwa berolahraga ringan bisa menjadi cara jitu bagi para ibu yang merasakan baby blues saat anak usia 2 tahun. Mengapa demikian ? Karena saat tubuh lebih banyak bergerak, secara tidak langsung meningkatkan hormon endorphin yang menghasilkan kegembiraan.

Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih seperti senam, mendorong stroller sembari mengajak si kecil berjalan jalan, dan sebagainya. Meski berolahraga membawa dampak yang baik bagi kesehatan tubuh, namun sebaiknya tidak melakukan jenis olahraga berat terlebih dahulu. Jika ingin melakukannya, silahkan konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Menangis dan Tertawa

Rasa lelah berlebih seringkali membuat Anda ingin menangis hingga puas. Sayangnya beberapa ibu merasa hal tersebut tidak boleh ditahan, sehingga emosional tersebut hanya tersimpan yang justru membuatnya jauh lebih lelah dibandingkan sebelumnya. Jika memang ingin menangis, maka menangis saja agar perasaan menjadi lebih lega.

Usai puas menumpahkan rasa lelah, silahkan kembalikan suasana hati dengan berbagai cara. Mulai dari melakukan hobi yang sudah lama tidak dilakukan, menonton acara atau film yang mengundang gelak tawa, atau sekedar berkumpul bersama teman. Seperti kata pepatah, bahwa tertawa dapat menjadi sebuah obat terbaik terutama bagi ibu yang mengalami baby blues saat anak usia 2 tahun.

Ketika memasuki usia 2 tahun, si kecil sudah mulai aktif bergerak kesana kemari sehingga menguras perhatian Anda. Dalam beberapa kasus, si kecil merasa enggan untuk ditinggal sementara hingga Anda harus membawanya kemanapun. Rasa lelah pun terus menumpuk tiada henti. Inilah mengapa Anda perlu menerapkan tips di atas untuk mengatasi baby blues.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *