Tingkatkan Produktivitas Kerja, Berikut 6 Cara yang Bisa Anda Lakukan

2 min read

Tingkatkan Produktivitas Kerja

Saat motivasi kerja menurun, maka kinerja pun menjadi turun pula. Padahal jika kinerja atau produktivitas menurun, maka dapat berdampak langsung pada kesuksesan perusahaan. Namun mempertahankan motivasi kerja agar tetap konsisten adalah perihal yang gampang gampang susah. Lantas bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja ? Yuk simak pada ulasan berikut.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Cari Tujuan Bekerja

Salah satu hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan motivasi dan produktivitas kerja, yakni mengingat tujuan awal anda melakukan pekerjaan tersebut. Tentunya setiap orang memiliki tujuannya masing masing untuk bekerja, misalnya untuk kebutuhan sehari hari atau membantu orang tua untuk membiayai sekolah adik adik.

Dengan mengingat tujuan, maka bisa memberikan semangat baru untuk menyelesaikan tugas tugas di dalam pekerjaan. Selain itu, anda juga harus ingat bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan bisa berdampak pada suatu perubahaan dengan caranya sendiri. Misalnya saja pada para klien anda, pada perusahaan, atau bahkan yang jauh lebih besar dari itu.

Rinci Setiap Aktivitas

Biasanya motivasi atau produktivitas menurun karena melihat beban kerja yang begitu berat. Maka cara meningkatkan produktivitas kerja bisa dilakukan dengan meringankan beban kerja yang ada. Caranya cukup sederhana, anda hanya perlu melakukan perincian terhadap setiap tugas yang dimiliki agar memudahkan eksekusi nantinya.

Misalnya anda bisa membuat sebuah daftar tugas, dari yang sulit ke mudah atau sebaliknya berdasarkan skala prioritas. Dengan begitu pekerjaan anda menjadi lebih mudah untuk diselesaikan satu persatu, yang berarti beban kerja juga tidak terasa terlalu berat. Beri setiap tanda pada pekerjaan yang sudah anda lakukan, maka rasa puas akan tercipta.

Rayakan Semua Pencapaian

Hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk mendorong motivasi kerja, yaitu dengan melakukan sedikit perayaan setiap kali anda mencapai sesuatu. Tidak perlu pencapaian yang terlalu besar, pencapaian kecil yang biasanya dianggap remeh juga sesekali perlu anda rayakan. Perayaannya juga tidak perlu terlalu heboh, hanya sedikit apresiasi pada diri sendiri.

Dengan begitu anda akan merasa bahwa pencapaian kecil sehari hari pun sangat bermakna, dan mengingatkan anda pada rasa bahagia karena adanya hadiah yang menunggu. Hal ini bisa membuat semangat kerja menjadi terpacu, alhasil produktivitas bisa meningkat dengan baik. Pekerjaan sehari hari pun bisa dilakukan dengan lancar tanpa hambatan yang besar.

Jangan Lupa Istirahat

Jangan Lupa Istirahat

Meski tujuannya adalah mencari cara meningkatkan produktivitas kerja, namun anda juga tidak boleh lupa untuk istirahat. Sebab terlalu fokus menyelesaikan suatu pekerjaan hingga berjam jam lamanya, malah membuat anda menjadi tidak produktif. Yang ada malah pikiran menjadi buntu, dan pekerjaan pun tidak dapat diselesaikan dengan baik.

Daripada terus terusan duduk di depan meja dan menatap layar komputer, sebaiknya anda sesekali mengistirahatkan mata. Atau anda juga dapat berdiri sejenak lalu meluruskan kaki. Dengan begitu maka jiwa serta raga akan merasa jauh lebih segar, pekerjaan pun bisa dimulai lagi dengan lebih baik dari pada sebelumnya.

Rajin Membaca

Rajin membaca merupakan kebiasaan dari para orang sukses, sebut saja Warren Buffett maupun Bill Gates. Kedua tokoh terkenal tersebut adalah orang orang yang mau menyisihkan waktunya untuk membaca. Memang menyisihkan waktu untuk membaca sebagai cara meningkatkan produktivitas kerja mungkin terdengar aneh.

Namun sesekali melakukan suatu hal yang memang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan, malah dapat membantu anda untuk meningkatkan kinerja. Karena dengan membaca, banyak hal yang bisa membuat anda terinspirasi, hal ini juga bisa membentuk cara berpikir secara jangka panjang. Cobalah mulai dari sekarang kebiasaan membaca setiap harinya.

Jangan Anggap pekerjaan Sebagai Beban

Terakhir ada cara yang paling klise, yaitu jangan menganggap pekerjaan yang anda lakukan sebagai beban. Karena apapun pekerjaan anda meski mudah atau sulit, jika anda menganggapnya sebagai sebuah beban maka menjalaninya pun tidak akan bersemangat. Sebaliknya, anggap tugas anda sebagai bagian dari puzzle yang harus diselesaikan untuk meningkatkan karier.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan motivasi dan juga produktivitas kerja. Meski motivasi memang digerakkan dari dalam diri sendiri, namun hal hal eksternal seperti di atas akan membantu mendorong semangat untuk muncul. Anda juga bisa mengonsumsi makanan bergizi maupun suplemen, agar tubuh lebih bertenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *