Tingkatkan Kerjasama Tim, Berikut 4 Permainan Outbound yang Bisa Dicoba

2 min read

Tingkatkan Kerjasama Tim dengan Permainan Outbound

Di dalam dunia kerja, selain hardskill diperlukan juga softskill yang memadai. Salah satu keterampilan non teknis yang begitu bermanfaat di dunia kerja, yaitu keterampilan kerjasama tim. Tidak heran jika banyak perusahaan yang sengaja melakukan outbound untuk meningkatkan skill tersebut. Berikut beberapa permainan tingkatkan kerjasama tim yang bisa diterapkan.

Game Outbound Meningkatkan Kerjasama Tim

Pipa Bocor

Salah satu permainan yang begitu populer dilakukan ketika outbound, untuk membangun kerjasama tim yaitu game pipa bocor. Mungkin anda sudah familiar dengan jenis permainan satu ini, karena memang game tersebut sudah ada sejak dulu. Meski sudah terkesan antik dan klasik, namun pipa bocor sangat pas untuk digunakan dalam membangun kerjasama tim.

Beberapa peralatan yang perlu anda siapkan untuk melangsungkan permainan tersebut di antaranya pipa yang sudah diberi lubang, ember kosong, ember yang berisikan air, serta gayung atau baskom di setiap ember tersebut. Pipa yang digunakan sendiri tidak perlu terlalu panjang, cukup 50 hingga 70 cm saja dengan lebar 1,5 dim atau 2 dim.

Cara bermain pipa bocor tidak rumit dan sangat mudah, yaitu pertama bagi peserta outbound ke dalam dua tim. Kemudian masing masing tim hanya perlu memindahkan air yang ada di dalam ember, ke ember lainnya menggunakan pipa bocor atau pipa yang telah dilubangi. Tim yang berhasil memindahkan air paling banyak, merupakan tim yang menang.

Scavenger Hunt

Permainan tingkatkan kerjasama tim berikutnya yang bisa diterapkan yaitu scavenger hunt. Game ini sendiri mempunyai cukup banyak variasi dan metode yang beredar, meski begitu intinya adalah harus melewati tantangan yang diberikan oleh pemateri. Dimana setiap tantangannya mempunyai makna serta tujuan sendiri, yang bisa anda sesuaikan dengan keinginan.

Akan tetapi metode yang paling umum dan banyak dilakukan adalah metode penjelajahan. Karena dengan metode satu ini, para peserta akan mengasah kecerdasan, fisik, maupun mental. Secara berkelompok peserta diminta untuk menjelajah, kemudian melakukan tantangan tantangan tertentu misalnya mencari tanda tangan orang tertentu dan lain sebagainya.

Human on Ladder

Human on Ladder

Human on ladder atau tangga manusia merupakan salah satu permainan yang juga banyak dilakukan untuk meningkatkan kerjasama tim. Selain meningkatkan kekompakan, human on ladder juga sangat berguna dalam melatih kelincahan fisik khususnya bagian kaki. Game ini sendiri biasanya dilakukan dalam kelompok, dimana satu tim umumnya terdiri ata 7 hingga 9 orang (ganjil).

Peralatan yang akan anda butuhkan dalam permainan tingkatkan kerjasama tim ini yaitu beberapa batang bambu atau kayu. Ukuran dari batang tersebut tidak perlu terlalu panjang, cukup 60 hingga 70 cm saja. Selanjutnya tim harus menentukan satu orang yang berperan sebagai human. Dalam hal ini, human sebaiknya memiliki gerakan yang lincah, agar bisa melewati ladder.

Cara bermainnya sebenarnya cukup simpel, yaitu ladder dari batang bambu atau kayu disusun oleh tim secara sejajar. Kemudian satu orang yang dipilih sebagai human, harus bisa melewati ladder tersebut tanpa terjatuh baru dinyatakan berhasil. Apabila yang berperan sebagai human terjatuh, maka ia harus mengulang lagi dari awal.

Mencari Suara Hewan

Mencari suara hewan menjadi permainan selanjutnya yang bisa diterapkan saat outbound. Tujuan dari game satu ini yaitu meningkatkan kemampuan komunikasi dalam tim, sehingga mampu membantu menciptakan ikatan atau chemistry apabila tim tersebut masih baru terbentuk. Sama seperti permainan sebelumnya, game ini juga terbilang sederhana.

Pertama tim harus memilih satu orang yang akan menjadi sumber suara hewan. Kemudian pemain yang telah ditunjuk tersebut, hanya diperbolehkan mengeluarkan suara hewan yang sudah ditentukan oleh panitia.Selanjutnya para pemain yang sudah dipilih oleh setiap tim sebagai sumber suara hewan, disembunyikan terlebih dahulu oleh panitia.

Sementara pemain yang lain, akan ditutup matanya dan disuruh berputar beberapa kali. Berikutnya tim akan diberitahu oleh panitia mengenai suara apa yang harus dicari. Lalu secara bergandengan tangan, mereka harus menemukan salah satu timnya yang sudah dipilih sebagai sumber suara hewan. Permainan tingkatkan kerjasama tim satu ini terbilang sangat seru.

Meningkatkan keterampilan memang tidak selalu harus duduk di tempat dan mendengarkan materi. Bahkan beberapa kegiatan outbound yang seru seperti di atas, bisa membantu dalam meningkatkan keterampilan softskill yaitu kemampuan kerjasama tim. Permainan permainan tersebut sangat cocok dilakukan dalam family gathering perusahaan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *