Tidak Sulit Seperti Yang Dibicarakan, Berikut Cara Mengatasi Baby Blues Pada Ibu Baru

1 min read

Cara Mengatasi Baby Blues Pada Ibu Baru

Perubahan hormon, merupakan penyebab utama para ibu baru mengalami postpartum blues. Akibat perubahan hormon inilah, Anda merasa kesulitan mengontrol emosi hingga letih tidak berkesudahan setiap waktu akibat mengasuh si kecil. Demi mengembalikan keceriaan, berikut beberapa cara mengatasi baby blues yang bisa diterapkan.

Cara Jitu Mengatasi Postpartum Blues Pada Ibu Baru

Meminta Bantuan dan Mendapatkan Bantuan

Mengasuh bayi yang baru lahir bukanlah pekerjaan yang mudah bagi para orang tua baru. Bahkan masih banyak orang tua yang merasa kesulitan menerjemahkan arti tangisan sang buah hati mereka. Alhasil bayi mungil tersebut tidak berhenti menangis yang justru membuat sang ibu merasa lelah dan panik berkepanjangan.

Jika sudah demikian, jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada suami tercinta atau keluarga tersayang untuk mengasuh si kecil bersama. Bahkan sebagai seorang suami yang bertanggung jawab, tidak ada salahnya menawarkan bantuan sebelum sang istri memintanya terlebih dahulu. Karena beban dipikul bersama, maka rasa letih tidak terlalu dirasakan.

Menghirup Udara Segar

Berjalan jalan santai di luar rumah sambil mencari udara segar, merupakan salah satu cara mengatasi baby blues usai melahirkan. Cara ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti berjalan santai menyusuri kompleks, mengunjungi taman terdekat, atau bahkan menyusuri halaman rumah sambil menikmati teh hangat sebagai bentuk relaksasi sejenak.

Tidak ada salahnya melakukan cara relaksasi ini secara rutin, dengan tujuan untuk mencari suasana baru agar tidak bosan berada di dalam rumah. Selagi menikmati udara segar di luar rumah, Anda juga bisa menjadikannya momen untuk menjemur si kecil ketika fajar telah menyapa. Dengan cara ini, si kecil mendapatkan vitamin D dari sinar matahari dan Anda merasa lebih rileks.

Jalinan Komunikasi

Jalinan Komunikasi

Menjaga komunikasi dengan pasangan termasuk cara mengatasi postpartum blues pada ibu yang baru saja melahirkan. Lewat komunikasi intens, sang istri tidak akan ragu meminta bantuan atau sekedar melontarkan segala keluh kesah ketika merawat si kecil. Momen ini merupakan kesempatan emas untuk memahami permasalahan satu sama lain untuk mendapatkan solusi terbaik.

Saling terbuka satu salam lain, membantu meringankan rasa tertekan atau bahkan saling mencurigai satu sama lain. Lewat cara ini pula, kedua belah pihak memahami bahwa mereka membutuhkan dukungan baik mental maupun fisik dalam mengasuh sang buah hati tercinta. Ketika sudah menemukan solusinya, maka menjalani hari demi hari terasa lebih ringan.

Mengkonsumsi Makanan Favorit

Melakukan berbagai hal yang digemari seperti mengkonsumsi makanan favorit di sela sela mengasuh si kecil, merupakan salah satu cara mengatasi baby blues yang menarik untuk dicoba. Cukup lakukan sesekali dalam porsi sewajarnya ketika lelah mendera, maka semangat untuk menjalani hari akan kembali seperti semula.

Istirahat yang Cukup

Seorang wanita yang baru saja melahirkan, umumnya akan merasakan lelah tidak berkesudahan karena memiliki tugas penting untuk mengasuh si buah hati tanpa melupakan tugas utamanya sebagai seorang istri. Ketika Anda memaksakan diri untuk melakukannya sendiri, tentu saja gejala postpartum blues perlahan akan muncul.

Cobalah mencari waktu beristirahat sebanyak mungkin di sela sela mengasuh si kecil, agar tubuh tidak terlalu lelah berlebihan yang menjadi pemicu perubahan emosi secara drastis. Berikan penjelasan kepada sang suami serta orang yang berada satu atap terhadap kondisi yang tengah Anda alami, sebagai bagian dari cara mengatasi baby blues. ]

Ketika seorang ibu muda mengalami cemas, mudah tersinggung dan emosi karena masalah sepele, hingga mudah terharu menjadi pertanda bahwa dirinya tengah mengalami postpartum blues. Beruntungnya Anda bisa melakukan serangkaian cara untuk mengalihkan perhatian untuk sementara. Dengan menerapkannya, rasa lelah berlebih terasa lebih ringan dibandingkan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *