Tidak Harus Pernikahan, Berikut 6 Pencapaian yang Perlu Dipikirkan di Usia 25 an

2 min read

Pencapaian yang Perlu Dipikirkan di Usia 25 an

Memasuki usia 25 an, anda mungkin sudah berulang kali mendapat pertanyaan mengenai kapan akan menikah. Ini memang wajar, karena banyak orang yang menyebutkan bahwa usia 25 adalah waktu yang ideal untuk melangkah ke pelaminan. Meski begitu tidak harus selalu mengenai pernikahan, berikut pencapaian di usia 25 an yang perlu anda pikirkan.

Pencapain yang Perlu Dipikirkan Menginjak Usia 25

Membahagiakan dan Membanggakan Orang Tua

Salah satu pencapaian yang jelas harus menjadi prioritas pada setiap anak yaitu membahagiakan, serta membanggakan orang tua ketika keduanya masih ada. Meski ibu dan bapak tidak pernah meminta hal tersebut, tentunya setiap anak pasti ingin membahagiakan kedua orang tuanya. Mengingat bahwa perjuangan membesarkan anda tidak semudah membalik telapak tangan.

Perjuangan setiap orangtua dalam membesarkan anaknya, memang tidak akan pernah bisa dibalas dengan materi apapun. Meski begitu setidaknya sebagai anak, anda perlu berusaha membahagiakan mereka sebelum akhirnya siap dalam membangun keluarga kecil sendiri. Sebab beberapa orang setelah menikah terkadang lupa bahwa ibu bapaknya juga semakin menua.

Bermanfaat Bagi Orang Banyak

Sudahkah pencapaian di usia 25 an anda bermanfaat bagi orang banyak ? Karena tujuan hidup itu tidak selalu hanya lulus pendidikan, kerja, kemudian menikah. Sebagai makhluk sosial yang hidup bermasyarakat, manusia juga perlu untuk bermanfaat bagi manusia lainnya. Karena banyak sekali orang di luar sana yang membutuhkan bantuan uluran tangan.

Bahkan meski dampaknya masih dalam skala kecil sekalipun, itu sudah cukup berarti. Misalnya saja anda bisa mencoba menjadi relawan, entah itu relawan untuk lingkungan hidup, relawan korban bencana, relawan yang menggalang dana untuk orang orang membutuhkan, atau relawan yang mengajar di daerah terpencil.

Punya Karir Sesuai dengan Harapan

Mempunyai karir yang sesuai dengan harapan mungkin menjadi pencapaian lainnya, yang sangat diinginkan oleh banyak orang di samping menikah. Meski setelah lulus kuliah ada juga beberapa orang yang memiliki rencana tersendiri. Namun memiliki karir di dunia kerja perlu untuk dipertimbangkan, karena di usia kepala dua banyak pengalaman yang bisa didapat.

Jalan Jalan ke Banyak Tempat

Jalan Jalan ke Banyak Tempat

Pengalaman baru yang didapat juga tidak harus selalu berasal dari dunia kerja. Dengan berjalan jalan ke banyak tempat, anda juga bisa memperluas pengalaman serta menjadi pencapaian di usia 25 an yang mungkin nantinya berguna. Dengan bepergian ke luar kota atau ke luar pulau dan tempat tempat baru, anda bisa menambah pengetahuan.

Di satu sisi, berjalan jalan bisa membuat anda tidak perlu memusingkan keharusan menikah ketika teman teman yang lain sudah banyak yang melakukannya. Bahkan mungkin saja selama di perjalanan anda bisa bertemu dengan jodoh yang tidak terduga. Untuk melakukan pencapaian ini, sebaiknya anda mulai menyisihkan penghasilan setiap bulan.

Merdeka Secara Finansial

Merdeka secara finansial yang dimaksud dalam hal ini yaitu anda sudah tidak lagi bergantung dengan orang tua. Meskipun membiayai kehidupan anda memang adalah salah satu tugas mereka, terlebih ketika anda belum berumah tangga. Namun di usia yang sudah memasuki usia kepala dua, tentu anda sudah mulai memikirkan keuangan terhadap diri sendiri.

Bahkan jika memiliki penghasilan lebih, alangkah baiknya bila anda menyisihkannya untuk diberikan kepada orangtua dan juga bersedekah. Tentu hal ini merupakan pencapaian yang patut anda banggakan. Meski tidak mempunyai penghasilan lebih sekalipun, anda sudah mampu menghidupi diri sendiri juga dapat meringankan beban orangtua.

Melakukan Investasi atau Menabung

Tidak semua orang memang mempunyai penghasilan besar, yang bisa digunakan untuk menabung atau melakukan investasi. Meski begitu, anda bisa mencoba pelan pelan untuk menyisihkan uang tiap bulannya untuk ditabung atau melakukan investasi. Percayalah, hal ini nantinya akan sangat berguna di masa depan dan menjadi pencapaian di usia 25 an yang membanggakan.

Semua pencapaian pencapaian tersebut tidak untuk dipamerkan, hanya saja ketika sudah mendapatkannya pasti akan muncul sebuah kebanggaan tersendiri di dalam hati. Hidup anda yang masih mudah ini tidak hanya harus dihabiskan dengan lulus, kerja, dan menikah. Namun, ada banyak sekali pencapaian lain yang perlu anda pertimbangkan juga untuk modal di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *