Terjadi Secara Nyata, Berikut 4 Kisah Inspiratif yang Dapat Memotivasi Hidup

2 min read

Kisah Inspiratif yang Dapat Memotivasi Hidup

Lika liku kehidupan memang tidak selalu mulus, ada kalanya seseorang patah semangat bahkan hampir menyerah. Bagi anda yang sedang mengalami hal ini, bisa membaca beberapa kisah inspiratif berikut untuk mengembalikan motivasi. Kisah kisah ini terjadi secara nyata, sehingga dapat memberi pembelajaran yang mengena.

Kisah Kisah Nyata yang Menginspirasi

Steve Jobs

Kisah pertama hadir dari seorang visioner Apple, Steve Jobs. Rasanya saat ini semua orang sudah tidak asing lagi dengan namanya. Namun sebelum menjadi seperti sekarang, Steve Jobs dulunya pada tahun 80 an pernah dipecat oleh Apple. Meski begitu, ia kemudian kembali lagi ke perusahaan besutannya tersebut bahkan berhasil merevolusi Apple dan industri PC.

Bahkan semasa sekolahnya, Steve Jobs merupakan salah satu mahasiswa yang pernah drop out. Meski begitu, ia terus berusaha belajar di kampus dengan cara mengikuti kelas non formal. Karena merasa belum mampu memberikan hasil terbaik untuk orangtuanya, Steve Jobs mulai tidur menumpang di asrama teman temannya.

Dari pendidikan non formal belajar kaligrafi yang dipelajarinya selama hampir 10 tahun, Steve Jobs mendapatkan inspirasi untuk mendesain komputer Macintosh pertama. Kemudian berlanjut ke Apple, selanjutnya mulai mengakuisisi perusahaan animasi Pixar. Hingga saat ini produk dari Apple maupun Pixar terus melejit dan meledak di pasaran.

Michael Jordan

Kisah inspiratif berikutnya hadir dari seorang pemain basket yang terkenal sebagai pemain terbaik sepanjang masa, yakni Michael Jordan. Tentu seorang Michael Jordan juga tidak mendapatkan begitu saja keberhasilannya tersebut. Karena banyak perjuangan serta usaha keras yang dilakukan olehnya sebelum namanya menjadi begitu terkenal seperti sekarang.

Meski Michael Jordan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bermain basket, tapi saat itu tinggi badannya tidak memenuhi syarat untuk masuk ke dalam tim basket kampus. Sedangkan Leroy Smith, salah seorang mahasiswa setingkat dengannya, berhasil diterima dan masuk ke dalam tim basket kampus tersebut.

Hal ini membuat Michael Jordan merasa marah dan malu, namun energi kemarahannya dicurahkan untuk terus berlatih menjadi pemain yang jauh lebih baik. Karena terus berusaha, Michael Jordan kemudian berhasil menjadi tim basket kampus dua tahun kemudian. Ia bahkan mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi ke University of North Carolina.

Stephen Hawking

Stephen Hawking

Stephen Hawking sangat terkenal dengan teorinya akan alam semesta. Namun dibalik teori yang dicetuskannya tersebut, tahukan anda bahwa ia juga seorang yang mengidap penyakit ALS ? Karena penyakit tersebut, Stephen bahkan harus menggunakan kursi roda sepanjang hidupnya. Meski dikenal sebagai orang yang cerdas, namun waktu kecil ia sering disebut anak pemalas.

Hal tersebut berubah ketika Stephen bertemu dengan seorang guru matematika yang menjadi favoritnya. Cara mengajar sang guru yang menyenangkan, membuat Stephen berusaha lebih giat bahkan berhasil menjadi guru besar di Universitas Cambridge. Dalam perjalannya mengemban pendidikan, Stephen Hawking didiagnosa mengidap Amyotrophic Lateral Sclerosis.

Meski sempat merasa depresi karena penyakit ALS ini, Stephen berhasil bangkit dan terus bersemangat menjalani hidupnya. Ia mulai mendedikasikan hidupnya untuk melakukan penelitian, hingga berhasil menerbitkan sebuah buku berjudul The Grand Design-Hawking yang terkenal di dunia. Kisah inspiratif ini mengajarkan bahwa penyakit bukan alasan untuk menyerah.

Oprah Winfrey

Mungkin sebagian orang di tanah air belum mengenal siapa Oprah Winfrey, namun namanya sangat terkenal di luar negeri. Ia merupakan seorang presenter, serta pebisnis sukses asal Amerika Serikat. Acara talk shownya yang bertajuk The Oprah Winfrey Show bahkan sudah disiarkan di 126 negara berbeda, yang membuatnya semakin dikenal banyak orang.

Namun di balik kesuksesannya tersebut, Oprah Winfrey pernah mengalami kehidupan pahit di masa kecil. Mulai dari orangtuanya yang bercerai, mengalami pelecehan seksual di usianya yang baru sembilan tahun, kehamilan di usia 14 tahun, hingga kematian bayinya. Akan tetapi ia berhasil bangkit dan menjadi seperti sekarang, kisah inspiratif ini mampu menyentuh setiap orang.

Itulah beberapa kisah yang menginspirasi dari public figure, tentunya di luar sana masih banyak sekali kisah lainnya yang memang nyata terjadi. Hal ini membuktikan bahwa penderitaan atau masalah, yang terjadi pada hidup tidak harus membuat berhenti untuk melangkah. Sebaliknya, jadikan semua hal tersebut sebagai cambuk untuk menatap masa depan yang gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *