Sudah Tahu Tanda Tanda Baby Blues ? Berikut 6 Gejala yang Mungkin Tak Disadari

2 min read

Tanda Tanda Baby Blues

Baby blues adalah salah satu gangguan atau masalah yang banyak terjadi pada wanita setelah melahirkan. Bahkan hampir 80 persen ibu baru pernah mengalami sindrom satu ini, meski begitu anda tidak boleh menganggapnya remeh. Agar tidak semakin parah atau berubah menjadi depresi, yuk kenali tanda tanda baby blues berikut. Simak ulasan selengkapnya.

Tanda Tanda Sindrom Baby Blues

Tidak Sabaran

Tanda pertama yang bisa anda identifikasi dari seorang wanita yang mengalami baby blues yaitu tidak sabaran. Apabila biasanya anda atau orang terdekat merupakan tipe yang penyabar, namun tiba tiba berubah menjadi tidak sabaran ketika usai melahirkan. Maka bisa jadi bahwa ini merupakan salah satu tanda orang tersebut mengalami postpartum distress atau baby blues.

Segala hal yang terjadi di sekitar anda atau orang lain terasa seolah olah lambat dan tidak sesuai dengan keinginan. Sehingga membuat anda merasa tidak sabar, dan menjadi lebih uring uringan. Misalnya seperti saat meminta tolong suami untuk mengambilkan barang untuk si kecil, jika suami tidak langsung bergerak atau lama sedikit maka anda akan langsung marah.

Mudah Tersinggung dan Cepat Marah

Tanda tanda baby blues selanjutnya yaitu anda mudah tersinggung dan cepat marah. Hal ini berlanjut dari poin yang pertama, rasa tidak sabaran juga bisa membuat anda lebih mudah marah. Selain itu ada saja perkataan atau perbuatan orang lain yang bisa membuat anda tersinggung. Yang kemudian menjadikan emosi marah keluar dan meluap.

Padahal mungkin maksud dari orang tersebut sebenarnya baik, dan tidak bermaksud menyinggung anda. Namun karena emosi yang labil, membuat anda menjadi lebih mudah tersinggung. Bisa juga anda merasa kesal dan marah terhadap anak yang rewel dan terus menangis, suami yang tidak membantu, dan lain sebagainya.

Merasa Sedih dan Mulai Menangis

Beberapa ibu yang mengalami postpartum distress, terkadang tiba tiba merasa cemas dan sedih. Bahkan beberapa mulai menangis, meski tidak disertai dengan alasan. Saat mengalami baby blues, anda bisa mengeluarkan air mata tiba tiba tanpa alasan yang jelas. Apabila tanda tanda baby blues satu ini muncul, maka bisa dibilang ini adalah permulaan dari sindrom tersebut.

Tidak Nafsu Makan

Tidak Nafsu Makan

Proses persalinan tentunya memerlukan banyak tenaga, yang berarti setelah seorang wanita melahirkan maka akan membutuhkan energi yang banyak sehingga nafsu makan biasanya menjadi meningkat. Terlebih jika ibu sembari memberi ASI untuk si kecil, maka nafsu makan yang dimiliki otomatis menjadi lebih tinggi dari biasanya.

Akan tetapi, apabila seorang wanita setelah melahirkan menjadi tidak bergairah atau bahkan kehilangan nafsu makan. Maka ini bisa menjadi salah satu tanda umum adanya postpartum distress. Bila dibiarkan maka akan berpengaruh pada kondisi fisik, yang bisa membuat gangguan menjadi lebih parah dari sebelumnya.

Tidak Bertenaga, Cepat Merasa Lelah, dan Konsentrasi Menurun

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa melahirkan memang membutuhkan banyak tenaga yang bisa membuat seorang wanita merasa kelelahan. Namun apabila kondisi tidak bertenaga tersebut terus terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, maka kemungkinan ini merupakan tanda dari adanya sindrom baby blues.

Sindrom ini sendiri biasanya terjadi setelah beberapa hari atau minggu pasca melahirkan. Apabila kondisi anda yang tidak bertenaga terus terjadi dalam kurun waktu ini, maka anda perlu waspada. Ditambah lagi dengan anak yang rewel dan terus terbangun di malam hari, membuat anda merasa kelelahan yang luar biasa dan berimbas pada konsentrasi menurun.

Hipersensitif Terhadap Kritik

Menjadi ibu baru memang harus siap dengan berbagai kritik, jadi sebaiknya anda tidak terlalu menanggapi kritikan yang tidak penting. Namun apabila anda merasa sangat sensitif terhadap kritikan, dan emosi menjadi meletup letup. Maka hal ini akan bermuara pada postpartum distress, dan menjadikannya tanda tanda baby blues.

Meski disebut sebagai sindrom, baby blues ini adalah suatu proses yang wajar dialami oleh wanita setelah melahirkan. Penyebabnya juga bisa sangat beragam, dan salah satunya yaitu karena faktor hormon. Meski nantinya bisa hilang sendiri, namun bila gangguan semakin parah sebaiknya segera cari pertolongan sebelum mengarah pada gangguan depresi pasca melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *