Sudah Tahu Cara Menghilangkan Baby Blues Pasca Melahirkan ? Cek Disini !

2 min read

Cara Menghilangkan Baby Blues Pasca Melahirkan

Lahirnya manusia baru merupakan momen membahagiakan bagi pasangan yang baru saja menikah. Namun kebahagiaan tersebut tidak bertahan lama, karena pasca melahirkan sang ibu merasa gejala postpartum blues yang kerap dibicarakan oleh para ibu muda. Bagaimana cara menghilangkan baby blues pasca melahirkan ? Simak ulasan singkat berikut.

Cara Jitu Hilangkan Sindrom Postpartum Blues Pasca Melahirkan

Mengatur Temperamen

Menjadi orang tua bukanlah pekerjaan mudah, terutama bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan anak pertamanya. Sejak kehadiran si kecil di tengah kehidupannya, mulai dari gaya hidup dan kebiasan mulai berubah meski tidak keseluruhan. Rasa lelah berlebih serta adanya perubahan hormon berhasil memicu rasa amarah dan jengkel bahkan untuk hal sepele sekalipun.

Apabila menjumpai tanda terjadinya postpartum blues, sebaiknya Anda mengetahui cara menghadapinya. Caranya dengan mengetahui diri Anda sendiri, apakah lebih senang menyendiri atau bersosialisasi dengan lingkungan untuk mendapatkan energi tambahan. Ketika suasana hati terjaga dengan baik, tentu pengaturan temperamen tidak sulit dilakukan.

Relaksasi Diri

Besarnya tanggung jawab menjadi seorang istri dan ibu sekaligus, seringkali membuat para wanita merasa kelelahan tidak berujung yang justru dapat memicu postpartum pasca melahirkan. Para ibu pun merasa kesulitan untuk sekedar meluangkan waktu bersantai sebagai cara menghilangkan baby blues, karena si kecil umumnya tidak ingin jauh dari dekapan orang tuanya.

Jika merasa kesulitan untuk sekedar relaksasi diri sejenak, Anda bisa memanfaatkan waktu mengasuh si kecil sambil bersantai bersama. Misalnya dengan tidur bersama di siang hari, mengkonsumsi cokelat tanpa berlebihan, menyusun puzzle, membaca buku, mendengarkan lagu, dan masih banyak cara menghilangkan gejala postpartum yang mulai menyerang.

Meminta Bantuan dan Mendapatkan Bantuan

Ada kebanggaan tersendiri ketika dapat mengasuh si kecil sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun akan lebih baik untuk tidak memaksakan diri untuk melakukannya jika dirasa berat hingga menimbulkan rasa lelah berlebih. Sebab mengurus si kecil bukanlah tanggung jawab dari ibu saja, karena peran ayah untuk membesarkan si kecil tidak kalah penting bagi tumbuh kembangnya.

Oleh sebab itu, ibu tidak boleh sungkan untuk meminta bantuan kepada pasangan sekedar melakukan pekerjaan rumah yang terbengkalai karena si kecil tidak dapat ditinggal. Anda juga bisa meminta keluarga untuk menjaga si kecil sebentar, ketika Anda sedang sibuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang terus menumpuk tiada akhir sebagai cara menghilangkan baby blues.

Komunikasikan dengan Pasangan

Komunikasikan dengan Pasangan

Komunikasi merupakan kunci sukses menghilangkan postpartum pada ibu usai melahirkan. Karena lewat komunikasi intens inilah, kedua belah pihak dapat mengetahui keluh kesah yang ingin disampaikan terkait mengasuh si kecil. Diharapkan dari keterbukaan satu sama lain, dapat menghasilkan sebuah solusi bersama dan dapat melewati masa tersebut dengan baik.

Tetap saling berkomunikasi juga bisa mempererat hubungan keduanya. Sebab pasangan dapat memahami apa yang dirasakannya, dan berusaha memberikan bantuan sekaligus memainkan perannya sebagai kepala keluarga. Karena dilakukan bersama, tentu beban yang dipikul terasa lebih ringan bagi kedua belah pihak.

Dukungan Mental dan Fisik Dari Pasangan

Pengalaman mengasuh sang buah hati untuk pertama kalinya tentu menjadi momen mendebarkan bagi setiap orang tua baru. Anda pun berusaha memenuhi kebutuhan si kecil dan memberinya luapan kasih sayang tanpa melupakan tugas utama sebagai seorang istri. Sayangnya sang ibu kerap kali melupakan bahwa dirinya juga perlu mendapatkan dukungan mental dan fisik seperti si kecil.

Dalam kondisi tersebut, Anda harus bisa menyeimbangkan asupan gizi yang diterima setiap harinya. Sebab semua jenis makanan serta gizi di dalamnya nantinya akan dibagikan untuk sang ibu dan si kecil yang didapatkan dari ASI. Pemberian bantuan dan dukungan, termasuk salah satu cara menghilangkan baby blues pada ibu pasca melahirkan.

Postpartum blues pada ibu pasca bersalin, merupakan momen mendebarkan bagi pasangan yang baru dikaruniai seorang bayi mungil di tengah kehidupan mereka. Kondisi ini terjadi akibat rasa lelah berlebih hingga perubahan hormon yang cukup signifikan. Meski sindrom ini dapat menghilang dengan sendirinya, penting untuk mengetahui cara menghilangkannya untuk kebaikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *