Sudah Tahu Apa Itu Pre Baby Blues ? Cek Penjelasannya di Sini

2 min read

Pre Baby Blues

Baby blues syndrome biasanya dikaitkan dan memang banyak terjadi pada wanita setelah melahirkan. Namun ternyata gangguan pada mental satu ini tidak hanya dialami oleh wanita pasca melahirkan, para calon ibu juga bisa mengalami baby blues sebelum melahirkan atau biasa dikenal dengan istilah pre baby blues. Apa itu pre baby blues ? Simak penjelasannya berikut.

Pre Baby Blues

Pre baby blues merupakan baby blues syndrome (BBS) yang dialami oleh wanita sebelum proses persalinan. Hal ini terungkap setelah dilakukannya penelitian oleh BMC Public Health, yang melibatkan sekitar 50 ribu ibu hamil yang ada di Norwegia. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa ibu hamil juga bisa merasakan stres yang serupa, pada gejala postpartum distress (BBS).

Faktor faktor yang melatarbelakangi terjadinya sindrom ini sebelum melahirkan juga bisa sangat beragam. Yang meliputi kondisi pernikahan buruk, mengalami kekerasan dalam rumah tangga, tidak didukung oleh suami, stres karena pekerjaan, hingga masalah hormonal yang berasal dari dalam diri seorang wanita yang mengalami gangguan ini sendiri.

Kondisi pernikahan yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya baby blues sebelum melahirkan. Sebab seorang wanita akan merasa stres bila hubungannya dengan pasangan merenggang dan memburuk, terlebih ketika mendekati masa persalinan. Dimana mereka membutuhkan dukungan dari suami dan orang orang terdekat untuk melewatinya.

Apalagi jika pasangan dari wanita yang sedang hamil ini melakukan tindak kekerasan dalam rumah tangga. Kadar stres yang dirasakan tentu akan semakin tinggi, dan ibu hamil tersebut akan dilingkupi rasa takut berlebih dan bisa berujung pada depresi. Selain itu beban pekerjaan yang berat dan tidak ada habisnya, juga dapat memicu sindrom tersebut selama masa kehamilan.

Tanda atau Gejala Pre Baby Blues

Tanda atau Gejala Pre Baby Blues

Agar tidak terjadi berkepanjangan setelah si kecil lahir, anda perlu mengenali tanda dan gejala terjadinya pre baby blues selama masa kehamilan. Sebab banyak sekali perempuan yang mengabaikan terjadi perubahan hormon selama masa hamil. Padahal stres yang dialami ketika hamil, bisa berujung pada BBS setelah melahirkan anak.

Biasanya tanda tanda baby blues sebelum melahirkan ini terjadi selama kurang lebih 2 minggu atau lebih. Tanda yang bisa anda identifikasi antara lain yang pertama yaitu merasa cemas. Di akhir kehamilan, sebenarnya wajar saja seorang wanita merasa cemas ketika akan berhadapan dengan proses persalinan dan kehidupan barunya sebagai seorang ibu.

Namun anda jangan membiarkan perasaan cemas tersebut menjadi berlebihan, dan membuat perasaan ini menghantui pikiran serta menghambat kegiatan anda sehari hari. Sebaliknya, lebih baik anda mulai memenuhi diri dengan pikiran positif dan mempelajari bagaimana cara menjadi ibu yang baik nantinya untuk si kecil yang akan lahir.

Kemudian tanda yang kedua dari pre baby blues yaitu masalah mood. Selama hamil, memang terkadang mood seseorang menjadi bermasalah, hal ini karena terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh. Namun apabila anda terus merasa marah atau terus merasa sedih yang tidak jelas, maka anda perlu waspada bahwa hal ini adalah tanda dari sindrom baby blues.

Selanjutnya ada kurangnya minat terhadap sesuatu, yang bisa menjadi tanda pre baby blues. Misalnya anda tidak merasa antusias dengan kelahiran, atau pada hal yang biasanya anda sukai. Bahkan terkadang sampai sampai tidak ada hal yang bisa membuat anda merasa senang, ini bisa menjadi gejala utama depresi.

Bahkan beberapa wanita juga mengalami gejala yang lebih parah, seperti tidak menginginkan kehadiran bayi. Dimana pengidap gejala akan merasa takut bahwa hidupnya akan berubah menjadi tidak menyenangkan, apabila menjadi seorang ibu. Mereka juga kecewa dengan hidup, dan merasa kehadiran si kecil nantinya hanya akan menyusahkannya saja.

Pikiran negatif yang terus dibiarkan tentunya bisa semakin parah. Bahkan seorang wanita bisa saja mencoba menyakiti dirinya sendiri atau sang bayi yang ada di dalam kandungan, ketika pikiran negatif sudah tidak mampu diatasi dan berubah menjadi depresi. Oleh karena itu pikiran negatif yang bertahan lama bisa menjadi tanda baby blues sebelum melahirkan.

Setelah anda mengenali bahwa pre baby blues bisa saja terjadi saat sedang hamil, maka sebaiknya anda selalu menjaga pikiran tetap positif agar sindrom tersebut tidak berkelanjutan. Minta dukungan dari pasangan dan keluarga, baik selama masa kehamilan, menjelang persalinan, maupun pasca melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *