Sering Merasa Galau Tanpa Sebab ? Cek di Sini Apa yang Harus Segera Dilakukan!

2 min read

Merasa Galau Tanpa Sebab

Sebagian orang mungkin pernah mengalami hal ini, dimana saat menjalani keseharian tiba tiba ada rasa sedih atau galau yang hinggap di dada. Mendadak hidup rasanya berat, atau anda seolah merasa pernah melakukan kesalahan besar. Namun anehnya, anda tidak mengetahui penyebab kondisi tersebut. Maka dari itu, cek di sini cara mengatasi galau tanpa sebab yang dapat anda lakukan.

Cara Mengatasi Perasaan Sedih yang Datang Tiba Tiba

Tuangkan Perasaan ke Dalam Tulisan

Kondisi galau yang terjadi datangnya tiba tiba, dan anehnya anda tidak mengetahui apa penyebab dari kondisi tersebut. Jadi untuk mencari tahu penyebabnya, anda bisa menuliskan situasi keseharian serta apa saja yang anda rasakan. Dengan begitu saat perasaan galau tersebut muncul tiba tiba, anda dapat melihat kembali tulisan tulisan yang pernah anda tuangkan.

Mungkin dari sekian banyak tulisan yang ada, anda bisa menemukan latar belakang situasi yang terjadi. Terlebih, biasanya saat menulis seseorang cenderung menjadi lebih jujur dengan diri sendiri. Selain itu menulis diary bahkan dipercaya bisa membuat seseorang menjadi lebih lega, semua beban yang ada di dalam dada bisa terangkat perlahan lahan.

Curhat dengan Orang Terdekat

Curhat bisa menjadi salah satu cara mengatasi galau tanpa sebab yang ampuh, terlebih bagi anda yang tidak terbiasa dengan menulis. Maka anda bisa menuangkan perasaan dengan cara berbagi kepada orang lain. Memang tidak semua masalah bisa diceritakan, namun sesekali anda boleh berbagi dengan seseorang untuk meringankan beban yang ada di dalam diri.

Tentunya pemilihan orang tempat bercerita juga penting, dimana sebaiknya anda hanya menceritakan kepada orang orang terdekat saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari orang orang bergosip tentang masalah anda. Selain itu, sebaiknya anda mengurangi untuk mengumbar masalah di sosial media. Masalah anda tentunya tidak untuk konsumsi public belaka.

Beri Ruang untuk Kesedihan

Memang rasa sedih dan galau yang datang tiba tiba akan sangat mengganggu. Rasanya seolah olah anda mendadak tidak bergairah untuk melakukan aktivitas apapun. Meski begitu, anda sebaiknya tidak menyangkal perasaan yang ada. Sebab menyangkal serta menekannya, hanya akan membuat perasaan tersebut semakin mendesak keluar ke permukaan.

Sebaliknya, cara mengatasi galau tanpa sebab yaitu dengan memberikan sedikit waktu kepada diri sendiri untuk merasakan kesedihan tersebut. Karena pada dasarnya semua emosi yang ada di dalam diri patut untuk disyukuri, dimana anda juga bisa menggunakannya sebagai motivasi untuk melakukan introspeksi pada segala hal di dalam diri.

Sadari Mungkin Kesedihan Berasal dari Kesalahan

Kesedihan Berasal dari Kesalahan

Meskipun galau yang anda rasakan datang dengan tiba tiba, mungkin penyebab dari hal tersebut adalah karena kejadian atau kesalahan yang pernah anda lakukan di masa lalu. Rasa kecewa dan penyesalan serta rasa tidak berdaya untuk menyelesaikan permasalahan di masa lalu, membuat anda merasa tiba tiba sedih dan hidup seolah sia sia.

Apabila anda merasa seperti itu, maka jangan menyerah dan sadarilah bahwa semua manusia pernah melakukan kesalahan. Setidaknya dengan berpikir bahwa tidak hanya anda yang pernah melakukan hal bodoh, maka anda bisa sedikit lebih lega. Meskipun tidak ada yang dapat anda lakukan atas kejadian di masa lalu, namun anda bisa melakukan banyak hal untuk masa depan yang lebih baik.

Dengarkan Lagu untuk Emotional Healing

Cara mengatasi galau tanpa sebab lainnya yang bisa anda lakukan yaitu mendengarkan lagu lagu yang memiliki efek healing. Setiap orang tentunya mempunyai lagu lagu favorit mereka sendiri, dimana saat mendengarkannya anda akan merasa lebih bersemangat untuk melakukan sebuah aktivitas. Hal ini bisa dilakukan saat anda sedang merasa sedih dan galau.

Memang memberikan ruang untuk bersedih di penting, namun bukan berarti anda harus terus bermuram durja. Anda bisa mendengarkan lagu favorit untuk mengurangi rasa sedih yang ada. Hal ini dilakukan bukan untuk berpura pura bahwa kesedihan itu tidak ada, ini hanya sebagai upaya untuk menghibur diri paling sederhana yang bisa dilakukan.

Sebagai manusia biasa, tentu seseorang tidak dapat memilih perasaan apa yang harus dirasakan. Terkadang perasaan seperti sedih serta galau dapat datang tiba tiba, tanpa direncanakan juga tanpa stimulus yang memicunya. Ini merupakan hal yang wajar dan anda perlu memberi ruang untuk emosi tersebut. Akan tetapi anda juga tidak boleh berlarut dalam kesedihan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *