Saatnya Pedulikan Diri Sendiri, Berikut 5 Tanda Anda Sedang Stress

2 min read

Tanda Anda Sedang Stress

Menurut seorang pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi, yaitu Sigmund Freud, kehidupan jiwa manusia terbagi dalam 3 tingkatan kesadaran yaitu sadar, prasadar, dan tidak sadar. Ibarat gunung es di tengah lautan, kondisi sadar ini hanya muncul sedikit di permukaan. Meski begitu tanda sedang stress pada tingkatan tidak sadar juga bisa dideteksi tubuh, seperti berikut.

Tanda Tanda Mengalami Stress

Tidak Peduli pada Penampilan

Salah satu tanda yang menandakan bahwa anda sedang mengalami stress yaitu tidak peduli akan penampilan. Padahal biasanya anda merupakan sosok yang anti untuk keluar rumah, bila tidak berpakaian rapi serta makeup yang sempurna. Namun selama beberapa waktu belakangan, hal tersebut tidak berlaku lagi. Sebaliknya, anda menjadi lebih tidak acuh pada penampilan.

Mungkin anda sempat mengira bahwa hal tersebut terjadi lantaran rasa malas semata. Padahal bisa jadi hal ini merupakan pertanda bahwa anda sedang mengalami stress di alam bawah sadar. Pasalnya ketika sedang stress tanpa disadari, maka hal sekecil apapun yang dulunya dilakukan dengan suka cita berubah menjadi beban yang perlu ditinggalkan.

Lipatan Lemak Meningkat

Ternyata lipatan lemak yang meningkat di berbagai area tubuh bukan hanya karena kurang olahraga, namun bisa menjadi tanda sedang stress pada tubuh. Perut buncit dan lipatan lemak sendiri merupakan sumber penyakit, yang siap menyerang kapanpun bila dibiarkan. Hal tersebut bisa terjadi apabila anda sedang mengalami stress.

Sebab mekanisme tubuh setiap orang berbeda beda, beberapa mungkin akan kehilangan nafsu makan ketika banyak pikiran. Namun sisanya justru mengalami penambahan nafsu makan, karena hormon adrenalin serta cortisol yang ada di dalam tubuh membuat anda merasa terus kelaparan. Inilah yang membuat lemak lemak bersarang di tubuh, dan menjadi tanda anda sedang stress.

Insomnia atau Jam Tidur Bertambah

Insomnia atau Jam Tidur Bertambah

Perubahan pola tidur merupakan salah satu hal yang bisa anda identifikasi, apabila sedang mengalami stress yang tidak disadari. Meski banyak orang yang berkata bahwa stress bisa menyebabkan susah tidur atau bahkan insomnia. Namun di satu sisi, stress ternyata juga bisa membuat seseorang memiliki jam tidur yang lebih dari biasanya.

Secara sederhana, tidur merupakan salah satu bentuk untuk menyelamatkan diri dari rasa khawatir atau gelisah yang dialami saat sedang terjaga. Meski begitu, tidur yang dirasakan ini juga bukan tidur pulas dan damai. Melainkan tidur yang sering membuat terjaga, ditambah dengan mimpi yang mengganggu. Ini merupakan tanda sedang stress yang direspon oleh tubuh.

Tidak Tertarik dengan Hal yang Dulu Disukai

Tanda lainnya yang perlu anda waspadai yaitu ketika terjadi perubahan minat yang tidak jelas pada diri. Meski begitu, tidak semua perubahan minat bisa menjadi pertanda bahwa anda sedang mengalami stress. Namun bila anda merasakan perubahan minat yang tiba tiba tanpa alasan yang jelas, mungkin sebaiknya anda perlu memikirkannya kembali.

Misalnya hal hal yang dulu anda sukai seperti nonton film, main game, atau suka berbelanja di mall kini tidak lagi menarik perhatian. Semua aktivitas tersebut tiba tiba membuat anda tidak lagi merasakan gairah, atau membawa kebahagiaan pada diri. Ini bisa menjadi pertanda bahwa mood sedang dalam kondisi yang buruk, sehingga hal yang menyenangkan kehilangan daya tariknya.

Asam Lambung Terus Naik

Saat mengalami stress, meski anda tidak menyadarinya namun tubuh akan merespon semua hal yang terjadi pada kondisi unconscious misalnya dengan bentuk asam lambung yang terus naik. Bagi seorang penderita maag, terdapat beberapa makanan yang menjadi pantangan agar asam lambung tidak naik dan membuat tubuh lemas.

Namun jika anda sudah selalu makan dengan teratur, tidak mengonsumsi makanan yang dijadikan pantangan dan lain sebagainya namun asam lambung tetap naik. Maka mungkin ini tanda sedang stress yang direspon oleh tubuh. Stress dan tekanan pada pikiran memang bisa membuat maag kambuh, sehingga anda perlu mencari tahu dengan jelas apa penyebab maag tersebut.

Apabila tubuh telah memberikan respon respon seperti yang disebutkan di atas, maka anda perlu waspada dan mulai memperdulikan diri sendiri. Segera cari akar permasalahannya, atau hal yang membuat anda mengalami stress yang muncul tanpa disadari tersebut. Meski tidak berbahaya, namun bila stress dibiarkan tentu akan mengganggu aktivitas dan menjadi masalah yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *