Ringan Namun Bermakna, Berikut 5 Film Pendek Motivasi yang Wajib Ditonton

2 min read

Film Pendek Motivasi yang Wajib Ditonton

Salah satu cara paling menyenangkan untuk mendapatkan sebuah inspirasi atau motivasi yaitu dengan menonton film. Namun tidak semua orang ternyata bisa betah berlama lama melihat film dengan durasi panjang, seperti 90 menit bahkan 120 menit. Oleh karena itu, berikut terdapat rekomendasi film pendek motivasi yang mempunyai cerita ringan namun bermakna.

Film Pendek Ringan yang Dapat Memotivasi

A Folded Wish

Film pendek pertama yang bisa menjadi tontonan untuk anda yaitu A Folded Wish, film yang berdurasi 8 menit ini bercerita mengenai dua anak perempuan kembar. Film ini mempunyai latar belakang tempat di Jepang, dimana angka 8 merupakan simbol dari keberuntungan. Ceritanya sendiri sesuai dengan judulnya, bercerita mengenai sebuah harapan.

Dimana kedua anak perempuan yang tinggal bersama dengan seorang nenek tersebut diceritakan menderita penyakit fatal. Mereka berharap untuk kesembuhan satu sama lain dengan cara membuat 1000 burung bangau kertas. Karena menurut legenda yang ada di sana, barang siapa yang berhasil melipat sejumlah tersebut maka akan dikabulkan permintaannya.

Bangau menurut kepercayaan masyarakat setempat, merupakan simbol dari panjang umur. Maka dari itu kedua anak perempuan di dalam cerita tidak menyerah untuk membuat origami. Meski pada akhirnya keduanya tidak berhasil diselamatkan, namun harapan untuk tetap hidup yang mereka miliki patut untuk dicontoh. Mereka tidak pernah kehilangan harapan meski dalam kondisi tersebut.

Mom – A Mother, Missing Home

Film pendek motivasi berikutnya mengambil latar belakang di Korea, yang menceritakan mengenai seorang wanita sebagai anak perempuan hingga ia menjadi ibu dan mempunyai anak. Ceritanya sendiri bermula dari ia lahir di sebuah desa, dan menggambarkan hari harinya bersama dengan sang ibu di desa tersebut. Perlahan anak perempuan tersebut tumbuh dewasa dan menikah.

Cerita kemudian menggambarkan kehidupannya setelah menjadi ibu dari seorang anak perempuan. Setelah anaknya tumbuh dewasa dan menikah, ia mulai merasa kesepian. Pada saat itulah, wanita tersebut berjalan jalan ke desa tempatnya dibesarkan dan kembali mengenang ibunya. Film ini mengajarkan untuk menghargai orangtua, terlebih ibu, ketika beliau masih ada.

Piper

Piper

Selanjutnya ada film animasi pendek dari Disney Pixar, bertajuk Piper. Film pendek satu ini memang sudah sangat populer, meski durasinya sendiri hanya kurang lebih 3 menit saja. Ceritanya juga sangat sederhana, namun banyak yang bisa dipetik. Piper berfokus pada cerita seekor anak burung yang tengah dalam masa perkembangan menuju dewasa.

Dalam masa ini, anak burung tersebut belajar banyak keterampilan agar ia mampu untuk hidup mandiri. Akan tetapi, proses menuju dewasa yang dialami anak burung ini tidaklah mudah dan dipenuhi dengan berbagai tantangan. Film pendek motivasi Piper mengajarkan untuk tidak pernah berhenti mencoba kembali meski gagal, karena hidup adalah serangkaian proses.

Destiny

Film destiny ini sangat cocok ditonton bagi anda yang tengah terpaku pada hidup dan rutinitas yang sama setiap hari. Meski hanya beberapa menit saja, setelah melihat film destiny anda bisa tergerak untuk membuat hidup agar jauh lebih bermakna. Destiny sendiri bercerita tentang seorang pria yang khawatir mengenai rutinitasnya, hingga ia memasang banyak sekali jam di rumah.

Akan tetapi pada suatu hari, sebuah kejadian menimpanya. Meski berkali kali ia berusaha mengubah kejadian tersebut, namun tidak ada yang berubah hingga ia mulai membuang salah satu arloji yang digenggamnya. Film ini mengajarkan bahwa takdir memang tidak bisa diubah, namun anda bisa menjemput takdir tersebut dengan cara yang lebih baik.

Joy and Heron

Terakhir ada kisah si anjing lucu bernama Joy dalam film animasi pendek Joy and Heron. Cerita bermula dengan Joy dan seorang laki laki yang tengah pergi memancing. Pada saat itu, seekor bangau terus datang dan ingin mencuri umpan yang mereka miliki. Di awal kemunculan si bangau, anda mungkin akan dibuat kesal dengan hewan satu ini.

Namun ternyata apa yang dilakukan oleh si bangau tidak semata mata untuk dirinya sendiri, dan membuat Joy pada akhirnya memberikan umpan yang mereka miliki. Di akhir cerita, anda akan dibuat terharu dengan apa yang terjadi. Film pendek motivasi ini mengajarkan bahwa semua kebaikan pada akhirnya tidak akan pernah sia sia.

Dari film film pendek animasi tersebut, banyak sekali pelajaran yang dapat anda petik. Meski durasinya hanya beberapa menit saja, bahkan tidak mempunyai banyak percakapan. Namun menontonnya bisa membangkitkan emosi di dalam diri. Rasa haru, semangat, terpacu ingin menjadi lebih baik akan mulai anda rasakan di dalam diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *