Penuh Makna Kehidupan, Yuk Intip Filosofi dari 5 Bunga Berikut

2 min read

Intip Filosofi dari 5 Bunga

Pelajaran hidup bisa didapat dari mana saja, termasuk dari kehidupan terkecil sekalipun. Hal ini membuat banyak filsuf yang mencari makna tersembunyi dari kehidupan tanaman. Misalnya pada bagian bunga, yang merupakan simbol keindahan dari setiap tumbuhan. Berikut beberapa filosofi bunga yang bisa anda petik pembelajarannya.

Filosofi dari Bunga

Bunga Teratai

Anda mungkin sudah sering melihat bunga teratai di danau, rawa, atau kolam taman. Bunga yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai water lily ini, ternyata mempunyai banyak pelajaran yang dapat dipetik. Karena sekalipun ia hidup di lingkungan yang kotor, bunga teratai selalu tampak bersih dan masih mampu menunjukkan keindahannya.

Memang habitat dari bunga teratai adalah kolam atau danau yang bisa dibilang mempunyai aroma tidak sedap, sekaligus kotor. Namun keadaan ini tidak menghalangi bunga dari tanaman ini untuk tampil dengan cantik. Hal tersebut menggambarkan bahwa manusia membutuhkan satu sama lain, dimana terkadang pada orang yang kurang baik sekalipun.

Meski begitu, bukan berarti anda harus ikut menjadi tidak baik atau meniru hal buruk yang dilakukan oleh tersebut. Sebaliknya, anda harus tetap mampu mengeluarkan kebaikan, kebersihan, serta keindahan dari dalam diri seperti yang dilakukan oleh bunga teratai. Dimana tidak terpengaruh oleh kotornya tempat tinggal di sekitarnya.

Bunga Edelweis

Filosofi bunga yang kedua berasal dari bunga edelweis, dimana bunga simbol keabadian tersebut mempunyai banyak makna di baliknya. Bunga edelweis sendiri tidak bisa anda temukan dengan mudah, karena hanya tumbuh di tempat tertentu. Terutama di alam liar dataran tinggi, sehingga untuk mendapatkan bunga ini maka harus menempuh perjalanan jauh terlebih dahulu.

Hal ini menggambarkan mengenai cinta sejati yang membutuhkan pengorbanan, dan hidup adalah perjuangan. Karena anda baru bisa mendapatkan bunga edelweis yang cantik, setelah melalui perjalanan menanjak yang jauh dan sulit. Sama seperti pengorbanan untuk mendapatkan bunga edelweis, pun anda terkadang perlu mengorbankan keinginan untuk orang yang dicintai.

Bunga Dandelion

Bunga Dandelion

Bunga dandelion memang identik dengan kesan yang sederhana tanpa semerbak, meski begitu ternyata filosofi bunga ini sangat mendalam. Banyak hal yang bisa anda pelajari dari kehidupan sekuntum bunga dandelion. Yang pertama yaitu bunga satu ini dapat tumbuh serta beradaptasi dimanapun ia berada. Bahkan di Indonesia, bunga dandelion bisa tumbuh hampir di semua tempat.

Jika angin menerbangkan serpihan bunga dandelion, maka serpihan yang jatuh bisa menjadi tanaman baru. Dandelion bisa beradaptasi dengan baik, tanpa kehilangan jati dirinya sebagai tanaman dandelion. Hal ini mengajarkan bahwa setiap manusia harus bisa beradaptasi dan bertahan dengan lingkungan tempat tinggal, namun tetap tidak kehilangan warnanya sendiri.

Bunga Matahari

Apakah anda tahu mengapa bunga satu ini disebut sebagai bunga matahari ? Hal ini karena bunga tersebut selalu mengikuti ke arah cahaya matahari bergulir. Setiap pagi hari, anda bisa melihat bahwa bunga matahari akan menghadap ke arah timur. Lalu ketika hari sore, ia akan berputar menghadap ke arah barat mencari posisi dari matahari.

Keunikan dari bunga matahari tersebut dikenal dengan istilah fototropisme. Hal ini memberikan gambaran kesetiaan, dimana bunga tersebut selalu melihat ke arah matahari tanpa memandang yang lain. Ketika langit mendung, anda akan melihat bahwa bunga matahari akan terlihat seolah layu atau menghadap ke arah bawah.

Salah satu manifestasi dari cinta yaitu kesetiaan, sebagaimana bunga matahari terhadap matahari. Ini mengajarkan kepada manusia, untuk selalu setia pada pasangan atau orang yang dicintai layaknya bunga matahari tersebut. Selain itu banyak juga yang mengaitkan bunga satu ini dengan lambang kegembiraan dan keceriaan, karena wujudnya yang bersinar cerah.

Bunga Mawar

Terakhir ada filosofi bunga mawar yang juga perlu anda ketahui. Bunga lambang cinta yang mempunyai berbagai warna ini memiliki banyak makna di balik wujudnya yang cantik. Pertama bunga ini berduri, namun duri tersebut bukan untuk melukai melainkan untuk melindungi dirinya. Ini menunjukkan bahwa terkadang anda boleh bersikap tegas untuk menjaga diri.

Hidup memang terkadang menghadapkan anda kepada sesuatu yang tidak terduga sebelumnya, seperti masalah percintaan, pertemanan, keluarga, di dunia kerja, dan lain sebagainya. Berbagai makna yang tercetus dari pemikiran orang orang kritis di atas, bisa anda jadikan pembelajaran dalam menjalani hidup tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *