Menjadi Kunci Kebahagiaan, Berikut Cara Menerima Kekurangan Pada Diri Sendiri

2 min read

Cara Menerima Kekurangan Pada Diri Sendiri

Kadangkala kita hanya berfokus pada kekurangan yang dimiliki, hingga lupa bahwa pikiran negatif akan berdampak buruk bagi kepercayaan diri serta mempengaruhi kesehatan mental. Tentu saja membanggakan kekurangan berbeda dengan menerimanya. Berikut beberapa cara menerima kekurangan pada diri sendiri sebagai bentuk apresiasi kepada diri Anda sendiri.

Tips Jitu Menerima Kekurangan Diri

Berpikir Positif

Tidak ada satupun manusia yang terlahir sempurna di muka bumi ini, sehingga tidak perlu minder ketika menyadari diri Anda memiliki beberapa kekurangan di berbagai aspek. Menyadari adanya kekurangan dalam diri bukan untuk menjatuhkan semangat Anda. Justru dari kekurangan tersebut, Anda harus bisa berfikir positif untuk memberikan motivasi.

Pada awalnya, menerima kekurangan bukanlah hal mudah dilakukan oleh semua orang. Namun jika sudah terbiasa, kemungkinan Anda bisa menjalaninya dengan mudah dan jauh lebih menyenangkan. Hal ini hanya bisa dilakukan, jika Anda berniat mengubah kekurangan tersebut menjadi sesuatu yang lebih positif dari sebelumnya.

Hadapi Rasa Takut

Sebenarnya setiap orang memiliki ketakutan tersendiri, mulai dari yang terlihat hingga yang tidak terlihat oleh orang lain sekalipun. Sayangnya masih banyak dari kita yang terjebak dalam rasa takut tanpa pernah ingin keluar dari lingkaran hitam tersebut. Padahal menghadapi rasa takut, adalah cara menerima kekurangan pada diri sendiri yang harus bisa dilewati.

Bersyukur

Selama ini, banyak dari kita yang hanya berfokus mengeluhkan mengapa diri ini begini dan begitu. Tanpa disadari, banyak hal lain yang patut disyukuri namun tertutup dengan semua kekurangan yang terlihat. Cobalah berhenti mengeluh dengan kekurangan yang dimiliki, dan mulai memandang luasnya kehidupan yang saat ini dijalani.

Bersyukur yang dimaksudkan disini bisa dilakukan dengan hal sederhana. Cukup dengan mensyukuri betapa segarnya udara sejuk di pagi hari usai bangun dari lelapnya tidur, dapat mencicipi makanan lezat setiap hari, hingga dapat bertemu dengan keluarga dan kerabat terdekat adalah hal sederhana yang patut disyukuri.

Berbagi dengan Orang lain

Berbagi dengan Orang lain

Apa yang Anda rasakan ketika berhasil menolong dan berbagi dengan orang lain ? Tentu saja Anda bisa merasakan perasaan bahagia yang juga dirasakan oleh orang tersebut. Selain mengulurkan bantuan kepada orang lain, jangan lupa bahwa Anda juga perlu mendapatkan pertolongan untuk bisa menerima diri sendiri.

Jangan pernah merasa ragu untuk membagikan semua keluh kesah atau sekedar bercerita kepada orang yang tepat. Walaupun lawan berbicara tidak mampu memberikan kata motivasi ataupun nasehat, setidaknya Anda merasa lebih lega karena sudah berhasil menyampaikan apa yang dirasakan di dalam hati dan pikiran.

Melakukan Meditasi

Meditasi merupakan satu dari sekian cara menerima kekurangan pada diri sendiri. Cara ini bisa diterapkan ketika merasa pikiran mulai jenuh akibat berbagai tekanan yang diterima. Setiap orang memiliki durasi meditasi berbeda, sehingga tidak perlu ragu menggunakan waktu yang ada agar pikiran menjadi lebih tenang dan sembang.

Dengan kata lain, tidak perlu terburu buru tersulut emosi ketika tekanan itu datang kembali. Hal yang Anda butuhkan hanyalah menekan tombol jeda untuk beristirahat sejenak dan menikmati waktu meditasi sesuai kebutuhan. Cara meditasi setiap orang pun berbeda beda, mulai dari berdiam diri di dalam kamar dengan keheningan atau yoga di halaman rumah.

Mencoba Memaafkan

Manusia memiliki hati dan pikiran, dimana keduanya harus berjalan seimbang agar hidup lebih bahagia setiap harinya. Apabila salah satu diantaranya tengah sakit, tentu saja Anda tidak dapat merespon dengan baik seperti biasanya. Salah satu rasa sakit yang dirasakan, bisa terjadi akibat ada suatu hal yang tidak termaafkan dan mengganjal di hati.

Perasaan dendam hingga menggoreskan sakit di hati hanya akan melukai diri Anda sendiri. Daripada menyimpannya, akan lebih baik jika Anda melepaskan pikiran negatif tersebut secara perlahan sebagai cara menerima kekurangan pada diri sendiri. Mencoba memaafkan mungkin bukan hal yang sulit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Perlu ditekankan kembali bahwa gangguan narsistik tentu berbeda dengan menerima adanya kekurangan dalam diri. Justru mereka yang bisa menerima adanya kekurangan di dalam dirinya, bisa merasa jauh lebih percaya diri dalam berbagai aspek kehidupan. Sudahkah Anda mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri hari ini ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *