Mengintip 6 Resep Bahagia yang Terkadang Dilupakan Banyak Orang

2 min read

Resep Bahagia yang Terkadang Dilupakan

Hidup memang selalu ada pasang surutnya, dan tidak selalu berjalan lancar. Definisi bahagia pada setiap orang pun cenderung tidak selalu sama. Meski materi berkecukupan, masih saja ada yang kurang. Meski sudah memiliki pasangan, masih saja terasa sendiri. Meski terlihat memiliki segalanya, belum tentu anda memang merasa bahagia. Oleh karena itu, yuk intip resep hidup bahagia berikut.

Resep Bahagia yang Perlu Diterapkan

Berhenti Membandingkan

Terkadang kunci dari hidup bahagia itu sangat sederhana, sesederhana berhenti. Yaitu anda perlu berhenti membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain. Terkadang memang manusia bisa saja terjebak dengan prasangka yang dibuat oleh diri sendiri. Tidak heran ada pepatah yang muncul seperti ungkapan rumput tetangga jauh lebih hijau, dari rumput sendiri.

Ungkapan tersebut muncul lantaran seseorang terlalu fokus melihat hidup orang lain. Dan tidak sadar bahwa dirinya telah terjebak dalam prasangka yang dibuat oleh pandangan dirinya sendiri. Padahal realitanya setiap orang mempunyai kesulitan hidup masing masing. Mungkin anda tidak menyadarinya, namun semua orang pernah berada di titik terpuruknya.

Sebagai perumpamaan, ketika anda melihat bulan dari bumi mungkin terlihat sangat cantik dan mulus. Namun ternyata permukaan bulan itu tidak rata, dan banyak lubang di sana. Sama halnya dengan manusia, mungkin hidupnya terlihat seolah sangat indah. Namun bisa jadi seseorang tersebut tengah menyembunyikan masalah dan luka yang dialaminya.

Memandang Dunia dari Banyak Kacamata

Resep hidup bahagia selanjutnya yaitu anda tidak boleh terjebak pada satu cara dalam melihat dunia. Sebab jika sudah terjebak, dan malah menolak mentah mentah yang lainnya bisa menjadi penghalang kebahagiaan. Terkadang anda memang akan dihadapkan dengan batu besar yang mengganjal di dalam kehidupan.

Mungkin anda merasa kecewa ketika mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang yang anda sukai, atau berbeda dengan jurusan kuliah. Dari sudut pandang anda, itu menjadi alasan untuk tidak merasa bahagia. Padahal mungkin anda hanya lupa untuk memandangnya dari kaca mata yang berbeda, misalnya dari kacamata para pencari kerja dan lain sebagainya.

Banyak Berbagi dan Memberi Sesuatu

Banyak Berbagi dan Memberi Sesuatu

Selama ini mungkin sebagian dari anda merasa bahagia apabila mendapatkan sesuatu. Padahal, resep utama kebahagiaan adalah memberi dan berbagi sesuatu. Semakin banyak harta maka akan semakin bahagia, tidak selalu berlaku. Bahkan semua agama juga selalu mengajarkan umatnya untuk berbagi kepada sesama. Mengapa demikian ?

Karena berbagi serta memberi tersebut bisa menjadi resep hidup bahagia. Anda dapat bahagia dengan cara memperkaya jiwa, misalnya manfaatkan uang lebih yang dimiliki untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Seperti membantu orang yang membutuhkan, menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai, dan lain sebagainya.

Bersyukur

Mungkin bersyukur adalah tips paling klise yang selalu digunakan untuk membuat orang termotivasi. Namun memang begitu adanya, rasa syukur bisa membuat seseorang menjadi lebih menghargai hidup yang dimiliki. Tentunya anda jangan hanya bersyukur untuk rezeki yang berupa uang, ucapkan juga rasa syukur pada hal hal kecil lainnya.

Misalnya matahari pagi yang bersinar cerah di pagi hari, sehingga anda tidak perlu basah kehujanan ketika berangkat kuliah atau ke kantor. Atau ucapkan syukur ketika di tengah jalan anda mendengar lagu favorit dari boyband idola, yang dinyanyikan oleh pengamen di pinggir jalan. Masih banyak hal kecil yang dapat anda syukuri, sehingga hidup menjadi jauh lebih damai.

Merawat Rasa Cinta

Sebagai makhluk sosial, manusia hidup dengan membutuhkan manusia yang lainnya. Dimana antara hubungan manusia ini akan tercipta rasa cinta, cinta pada keluarga, teman, maupun pasangan. Rasa cinta tersebut merupakan akar dari rasa senang, sehingga anda perlu memupuk serta merawatnya sebagai resep hidup bahagia.

Pasalnya beberapa orang terkadang lupa untuk menjaga hubungan yang dimiliki dengan baik. Seperti orang yang sedang merantau, kemudian lupa untuk menghubungi orang tua di kampung. Atau ketika sibuk bekerja sehingga lupa menghubungi pasangan, hingga hilang kontak dengan sahabat. Jangan biarkan waktu berlalu dengan renggangnya hubungan dengan orang tersayang.

Definisi bahagia setiap orang memang berbeda beda, namun dengan beberapa tips di atas semoga rasa bahagia bisa memenuhi diri anda. Ingat, hidup yang bebas masalah adalah utopia yang tidak mungkin terwujud. Namun adanya masalah atau memiliki hari yang buruk, bukan berarti hidup anda juga tidak bisa bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *