Mengintip 5 Tips Terbaik Menghadapi Rasa Insecure

2 min read

Tips Terbaik Menghadapi Rasa Insecure

Rasa insecure mungkin seringkali dialami oleh sebagian orang. Istilah ini sendiri merujuk pada rasa tidak percaya diri, rasa tidak nyaman dan tidak aman terhadap suatu hal dalam berbagai kondisi. Tentu adanya perasaan ini bisa mengganggu seseorang dalam menjalani aktivitas sehari hari. Oleh sebab itu, yuk intip kiat menghadapi rasa insecure berikut.

Cara Menghadapi Perasaan Insecure

Tinggalkan Teman yang Toxic

Tidak bisa dipungkiri, salah satu hal yang bisa membuat anda menjadi insecure adalah karena orang orang terdekat anda sendiri seperti teman. Dan sadar atau tidak, teman teman yang toxic memang ada di sekitar anda. Dimana mereka seringkali melontarkan komentar komentar yang negatif sehingga membuat anda menjadi insecure.

Komentar komentar tersebut membuat anda menjadi overthinking sepanjang waktu. Daripada terus terusan seperti itu, sebaiknya anda membatasi diri untuk berkumpul dengan orang orang tersebut. Sebaliknya, temui mereka yang selalu mendukung anda dan memberi komentar positif. Dan saat mereka memberi kritikan, maka kritik tersebut adalah yang sekaligus membangun.

Tidak Menjadi Orang yang Self Centered

Menghadapi rasa insecure bisa jauh lebih mudah bila anda tidak menjadi orang yang self centered. Sebab seringkali ternyata orang yang merasa insecure, mendapatkan perasaan tersebut karena pikiran pikiran mereka sendiri. Misalnya saja rasa tidak aman dan tidak nyaman ketika menjalani hubungan asmara. Hal ini memang wajar sekali untuk dialami.

Rasa insecure pada pasangan yang tidak beralasan malah akan memicu pertengkaran, juga menguras energi anda. Dan rasa ini bisa terjadi karena berbagai peristiwa, misalnya anda menganggap pasangan yang lama membalas chat atau tidak mengangkat telepon karena ia bosan terhadap hubungan. Dari pemikiran pemikiran seorang diri inilah rasa insecure biasanya muncul.

Fokus untuk Menjadi Diri Sendiri

Menjadi Diri Sendiri

Biasanya ketika rasa insecure datang, beberapa orang cenderung untuk mencoba meniru orang lain. Hal ini karena pada saat itu, orang lain terlihat seolah olah sangat percaya diri. Sehingga anda tergoda untuk mencoba berperilaku seperti mereka. Akan tetapi hal ini juga tidak baik, karena alih alih menghadapi rasa insecure, anda malah tidak menjadi diri sendiri.

Anda tidak harus menjadi pusat perhatian, sebaliknya fokus untuk menjadi diri sendiri apa adanya. Percayalah bahwa setiap manusia itu pada dasarnya unik, jadi apa yang anda miliki juga belum tentu dimiliki oleh orang lain. Daripada memenuhi standar orang lain mengenai apa apa yang harus dimiliki, sebaiknya anda memoles apa yang telah anda miliki sebagai sesuatu yang unik.

Jangan Bandingkan Diri Dengan Orang Lain

Berlanjut dari poin sebelumnya, rasa insecure bisa timbul karena anda membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini bahkan semakin diperparah dengan adanya sosial media, dimana setiap orang bisa mengunggah kehidupan pribadi. Saat melihat hidup orang lain di media sosial, anda mulai merasa kurang percaya diri dan tidak aman serta nyaman terhadap diri sendiri.

Hal ini dikarenakan ketika melihatnya indahnya hidup orang lain di media sosial, anda mulai membandingkannya dengan diri sendiri. Padahal harusnya anda menyadari bahwa di media sosial, yang ditampilkan hanyalah versi terbaik dan bagian bagian buruk dari kehidupan tidak diikutsertakan. Jadi, mulai sekarang sebaiknya buang jauh jauh perangai suka membandingkan tersebut.

Berikan Self Reward

Saat berusaha menghadapi rasa insecure dan anda berhasil mengatasinya, pastikan bahwa anda menyadari hal ini. Saat sudah seperti itu, berikan reward kecil kepada diri sendiri setiap anda berhasil melakukannya. Hal ini nantinya akan memberikan anda kekuatan untuk mengatasi rasa insecure yang datang di kemudian hari.

Pasalnya, otak akan menginterpretasikan bahwa mengatasi rasa insecure tersebut adalah hal yang menyenangkan dan membawa kebahagiaan. Misalnya anda berhasil melakukan sebuah presentasi dengan baik, beri perayaan kecil seperti membeli ice cream atau kue kesukaan di jalan ketika pulang dan lain sebagainya.

Cara cara di atas akan membuat anda berhasil meningkatkan kepercayaan diri, sehingga rasa insecure bisa diatasi dengan baik. Terkadang insecure bisa datang dengan kadar yang berbeda beda pada tiap orang, sehingga anda tidak boleh meremehkannya. Jika rasa tersebut sudah terlalu berat, sebaiknya segera hubungi psikolog untuk mendapat solusi profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *