Mengintip 5 Cara Meningkatkan Hardskill Selama Pandemi

2 min read

Cara Meningkatkan Hardskill Selama Pandemi

Mengembangkan hardskill bisa dibilang jauh lebih mudah daripada mengembangkan softskill. Pasalnya hardskill atau kemampuan teknis dapat dipelajari, dan pembuktiannya objektif sehingga caranya pun lebih jelas. Namun sedikit berbeda dari biasanya, berikut beberapa cara meningkatkan hardskill selama pandemi yang bisa anda lakukan.

Kiat untuk Meningkatkan Hardskill di Masa Pandemi

Tentukan Minat

Hal pertama yang harus anda lakukan sebagai upaya dalam meningkatkan hardskill, yaitu tentukan minat terlebih dahulu. Seperti yang sudah disebutkan, bahwa keterampilan teknis ini bisa dipelajari. Sehingga sebelum mempelajarinya, anda perlu mengenali bidang atau aspek apa yang menjadi minat dalam diri. Mempelajari hal yang menjadi minat tentunya akan menyenangkan.

Misalnya anda suka menggambar, maka anda bisa mempelajari bagaimana teknik teknik dalam menggambar yang baik. Atau anda sedang tertarik dengan dunia editing, maka cara mengasah hardskill yaitu dengan mempelajari software software yang berkaitan dengan editing. Jadi tentukan terlebih dahulu minat atau bidang kesenangan anda.

Lihat Prospek ke Masa Depan

Anda tidak boleh lupa melihat prospek ke masa depan, ini juga menjadi cara meningkatkan hardskill selama pandemi. Pasalnya selama pandemi ini, beberapa bidang tertentu mulai memperlihatkan bagaimana bidang tersebut prospeknya sangat baik di masa depan. Apabila anda mempunyai beberapa minat, dan bidang yang dimaksud tersebut adalah salah satunya.

Maka ada baiknya anda mulai mendalami dan mempelajari bidang tersebut, untuk menunjang karier anda ke depannya. Fokus pada pengembangan hardskill tertentu akan membuat anda memperoleh hasil yang jauh lebih maksimal. Oleh sebab itu anda perlu menentukan dengan benar perihal minat, dan prospeknya di masa depan.

Mencari Referensi di Internet

Apabila sudah menentukan akan fokus untuk meningkatkan hardskill pada bidang tertentu, selanjutnya anda bisa mencari referensi di internet. Mengingat bahwa selama pandemi semua hal banyak yang dilakukan secara daring. Maka saat ini anda juga bisa menemukan banyak sekali informasi online yang bisa membantu anda dalam meningkatkan hardskill.

Misalnya seperti artikel artikel bermanfaat dalam bidang yang anda minati tersebut, hingga video video menarik yang langsung menyajikan tutorial perihal materi yang tengah anda cari. Ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan hardskill selama pandemi, karena anda bisa melakukannya dari rumah tanpa harus berinteraksi dengan kerumunan orang.

Mengikuti Webinar

Mengikuti Webinar

Selain mencari referensi di internet, anda juga bisa mengikuti seminar atau pelatihan. Kegiatan ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan hardskill. Namun berbeda dengan biasanya, selama pandemi ini sebaiknya anda mengikuti webinar atau pelatihan secara online. Untuk mengurangi kegiatan publik yang mengumpulkan banyak orang.

Selama pandemi, tidak sedikit website yang menyediakan layanan webinar dan pelatihan secara daring. Bahkan hampir semua orang yang mengadakan seminar, saat ini melakukannya secara online baik via Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya. Dimana anda bisa mengikutinya baik secara gratis maupun berbayar.

Alangkah lebih baik bila anda mengikuti webinar dan pelatihan yang bersertifikat, terlebih pada bidang yang telah anda tentukan sebelumnya. Karena sertifikat yang anda dapatkan tersebut bisa membantu dalam mencari pekerjaan. Anda bisa mencantumkan dan melampirkannya, ketika melamar pekerjaan sebagai pertimbangan untuk recruiter.

Mengikuti Forum Diskusi

Apabila anda mengenal seorang ahli dalam bidang yang menjadi fokus anda. Maka jangan ragu untuk meminta kritik dan saran. Anda tidak boleh menghindari adanya kritik dan saran, karena ini bisa menjadi media untuk memperbaiki diri. Saat ini cukup banyak forum diskusi yang bisa anda ikuti, dimana berisi orang orang ahli juga di dalamnya.

Cara meningkatkan hardskill selama pandemi satu ini, di samping membuat anda mendapatkan kritik dan dan saran untuk memperbaiki dan mengembangkan kemampuan. Namun juga memungkinkan anda untuk memperoleh jaringan dan juga relasi yang jauh lebih besar. Nanti, ada kalanya relasi dan jaringan ini mungkin akan anda butuhkan.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam meningkatkan hardskill selama pandemi. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan teknis, bisa membuat anda lebih mudah untuk dilirik berbagai perusahaan. Tentunya setelah menjadi bagian dari perusahaan, meningkatkan hardskill juga perlu terus dilakukan sebagai upaya pengembangan karier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *