Mengintip 5 Cara dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

2 min read

Cara dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Selain keterampilan teknis atau hardskill, keterampilan non teknis atau softskill juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Salah satu softskill yang akan sangat berguna yaitu kemampuan berpikir kritis, yang bisa digunakan untuk menghindari kesalahpahaman. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Cara Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis

Pertanyakan Setiap Hal Kecil

Apabila anda ingin mengasah kemampuan berpikir kritis yang dimiliki, maka anda bisa memulainya dari hal yang sangat sederhana yaitu mempertanyakan setiap hal kecil di sekitar. Percayalah, cara ini meski terdengar sangat sepele namun bisa membuat anda lama kelamaan menjadi pemikir yang jauh lebih kritis dari sebelumnya.

Mulailah dari hal yang benar benar kecil di sekitar, misalnya bagaimana proses hujan, bagaimana proses tepung bisa menjadi roti yang tengah anda santap, bagaimana cara lampu bohlam bekerja, dan lain sebagainya. Dengan pertanyaan kecil tersebut, anda secara tidak langsung akan mulai untuk mencari jawabannya dan mengasah kemampuan tersebut.

Tempatkan Diri di Posisi Orang Lain

Meningkatkan kemampuan berpikir kritis juga bisa anda lakukan dengan cara menempatkan diri pada posisi orang lain. Cara ini selain dapat mengasah kemampuan berpikir kritis, juga bisa meningkatkan rasa empati anda terhadap orang lain. Karena pada proses tersebut, anda akan belajar mengerti posisi atau sudut pandang di luar diri sendiri.

Pada proses ini, anda akan mempelajari teknik berkomunikasi. Karena tentunya menempatkan diri di posisi orang lain, mengharuskan anda untuk terlebih dahulu mendengarkan pendapat orang tersebut. Untuk menerima semua informasi tersebut, maka dibutuhkan kemampuan untuk mengerti mengapa hal tersebut bisa terjadi dari perspektif orang lain.

Perbanyak Membaca Buku Berkualitas

Banyak yang berkata bahwa membaca merupakan jendela dunia, karena dengan membaca banyak pengetahuan dan wawasan yang bisa anda terima. Mulailah dengan membaca buku buku berkualitas untuk menjawab pertanyaan pertanyaan kecil, yang telah anda buat sebelumnya. Semakin banyak anda membaca, maka semakin banyak kosakata yang akan anda miliki.

Dengan demikian, semakin besar dan semakin banyak pula kata yang bisa anda gunakan untuk mempertanyakan sesuatu. Seperti sebuah siklus, anda akan mencari buku lainnya untuk menjawab pertanyaan yang muncul dalam kepala. Nikmati siklus tersebut, hingga berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang anda miliki.

Jangan Menelan Informasi Mentah Mentah

Jangan Menelan Informasi Mentah Mentah

Figur otoritas yang menyampaikan sebuah informasi biasanya akan cenderung dianggap sebagai kebenaran. Meski demikian, tidak semua informasi yang telah diberikan oleh pihak pihak tersebut memang benar adanya. Meski memang mempercayainya bisa menghemat waktu serta tenaga, namun kebiasaan ini bisa melemahkan kemampuan analisis yang anda miliki.

Oleh karena itu coba gunakan insting yang anda miliki, untuk menganalisis berbagai kepingan informasi yang sepertinya layak untuk dipertanyakan. Baca sumber data yang relevan, kemudian coba analisis kebenarannya. Apabila terus melakukan ini, anda bisa memicu peningkatan pada kemampuan berpikir kritis dalam diri.

Mengasah Kemampuan Bertanya

Seperti kata pepatah, jangan ragu bertanya jika tidak ingin tersesat di jalan. Pun sama halnya dengan jika anda ingin meningkatkan kemampuan berpikir kritis, maka jangan ragu untuk mempertanyakan segala asumsi yang anda buat di dalam kepala. Karena disadari atau tidak, sebenarnya manusia cenderung seringkali membuat asumsi terhadap hal yang ditangkap panca indra.

Meski begitu, tidak semua orang berani untuk mempertanyakan lebih jauh mengenai asumsi yang tengah dibangun oleh otak. Bisa dibilang bahwa asumsi ini merupakan fondasi dalam kerangka berpikir kritis seseorang. Apabila asumsi yang dibuat tidak sepenuh benar atau bahkan salah, maka pondasi ini harus dibongkar serta dibangun ulang.

Seperti yang dilakukan oleh Einstein, yang mempertanyakan asumsi mengenai hukum gerak Newton. Lantas Einstein merombak asumsi tersebut, dan kemudian mengembangkan teori relativitas melalui kerangka berpikir. Anda pun bisa melakukan dengan cara yang serupa, misalnya mengapa anda berasumsi akan gagal padahal belum mencoba dan lain sebagainya.

Cara cara di atas memang terlihat sederhana, namun ternyata tidak semua orang mampu melakukan hal tersebut dengan benar. Berbagai cara ini bisa anda lakukan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis yang dimiliki. Kemampuan satu ini nantinya akan sangat berguna dalam pengembangan karier anda di dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *