Mengenal Pengertian, Jenis Motivasi dan Faktor yang Mempengaruhinya

2 min read

Jenis Motivasi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah motivasi. Bahkan banyak orang yang sengaja berselancar di internet, untuk mencari bagaimana cara meningkatkan motivasi di dalam diri. Akan tetapi sudahkah anda mengetahui apa itu motivasi dan faktor yang mempengaruhinya, serta jenis jenis motivasi yang ada ? Jika belum, cek di sini penjelasannya.

Pengertian Motivasi

Untuk lebih memahami apa itu motivasi, maka anda dapat merujuk ke definisi yang telah dijabarkan oleh beberapa ahli. Pertama ada Henry Simamora, seorang penulis dari buku best seller Manajemen Sumber Daya Manusia, ia menyebutkan bahwa motivasi merupakan sebuah fungsi dari harapan individu bahwa suatu upaya tertentu bisa menghasilkan tingkat kinerja.

Dimana tingkat kinerja yang dimaksud tersebut, akan membuahkan sebuah hasil yang dikehendaki. Sementara itu seorang tokoh lain yaitu Winer, menjabarkan bahwa motivasi merupakan kondisi internal pada seseorang. Yang dapat mendorong individu untuk mencapai tujuan tertentu, serta membuatnya tetap tertarik untuk melakukan kegiatan tertentu.

Jadi secara garis besar, definisi dari motivasi yaitu segala sesuatu yang menggerakkan atau mendorong individu untuk melakukan sesuatu dengan suatu tujuan tertentu. Secara etimologi, kata motivasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yakni motivation yang memiliki arti dorongan atau daya batin. Dan hal ini bisa datang dari dalam diri, maupun dari luar orang tersebut.

Jenis Jenis dari Motivasi

Jenis motivasi secara umum terbagi atas dua macam, yaitu motivasi intrinsik dan juga motivasi ekstrinsik. Dimana motivasi intrinsik merupakan keinginan individu untuk bergerak atau bertindak untuk melakukan sesuatu, yang disebabkan oleh faktor dari dalam diri sendiri atau tanpa adanya pengaruh dari orang lain di luar dirinya.

Sebagai contoh motivasi intrinsik yaitu seorang siswa termotivasi untuk belajar agar mendapat nilai yang bagus, dan nantinya bisa naik kelas. Contoh lainnya yakni seseorang termotivasi untuk bekerja, agar ia bisa mendapatkan sejumlah penghasilan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari dan lain sebagainya.

Selanjutnya motivasi ekstrinsik adalah keinginan yang dimiliki oleh seseorang, untuk melakukan sesuatu atas dasar faktor dorongan yang berasal dari luar dirinya sendiri, untuk mencapai tujuan tertentu yang menguntungkan bagi diri. Contoh jenis motivasi ekstrinsik yaitu siswa yang belajar lebih giat, karena jika nilainya bagus maka akan mendapat hadiah dari orangtua atau guru.

Faktor Faktor Motivasi

Faktor Faktor Motivasi

Faktor faktor yang mempengaruhi motivasi juga bisa berasal dari internal maupun eksternal. Faktor internal merupakan faktor motivasi yang berasal dari dalam diri individu sendiri, dimana hal tersebut timbul karena keinginan oleh seseorang itu sendiri untuk mempunyai prestasi maupun tanggung jawab di dalam hidup.

Yang termasuk dalam faktor faktor internal antara lain harga diri dan prestasi, kebutuhan, harapan, tanggung jawab, dan kepuasan kerja. Harga diri dan prestasi adalah motivasi seseorang untuk mengembangkan kreativitas, dan mengerahkan energi agar mencapai suatu prestasi tertentu untuk meningkatkan harga dirinya.

Kemudian faktor kebutuhan terjadi karena setiap manusia mempunyai kebutuhannya masing masing dalam menjalani hidup. Sehingga mau tidak mau mereka menjadi termotivasi agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Selanjutnya ada faktor harapan, yakni sesuatu yang ingin dicapai oleh individu pada masa mendatang sehingga mempengaruhi sikapnya.

Pada faktor tanggungjawab, ini merupakan motivasi dalam diri seseorang agar ia mampu bekerja hati hati dan dengan baik untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Terakhir pada faktor kepuasan kerja, adalah motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri berbentuk rasa lega atau puas karena dirinya telah mampu melakukan suatu pekerjaan tertentu.

Sementara itu faktor faktor eksternal yang berasal dari luar diri seseorang mencakup jenis dan sifat pekerjaan, kelompok kerja, kondisi kerja, keamanan dan keselamatan kerja, dan juga hubungan interpersonal. Dari penjelasan mengenai jenis motivasi eksternal dan faktor faktor motivasi eksternal, terlihat bahwa hal hal dari luar diri pun dapat berpengaruh besar pada seseorang.

Itulah ulasan singkat mengenai motivasi, keberadaan dari motivasi ini sangat menentukan bagaimana kinerja seseorang. Sehingga biasanya di perusahaan perusahaan, cukup banyak yang sengaja mengadakan pelatihan untuk meningkatkan motivasi. Pasalnya menjaga motivasi untuk berada pada kadar yang tinggi, merupakan perkara yang tergolong gampang gampang susah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *