Mari Mengenal Apa Itu Baby Blues Syndrome Dan Cara Mengatasinya

2 min read

Baby Blues Syndrome

Baby blues syndrome adalah salah satu jenis gangguan suasana hati yang umumnya menyerang para ibu yang baru saja melahirkan. Ketika gangguan ini mulai menyerang, perubahan suasana hati menjadi tidak terkontrol mulai dari menangis tanpa alasan atau lebih cepat marah. Untuk mengenalnya lebih dalam, silahkan simak ulasan berikut.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Postpartum Blues

Kabar kehamilan merupakan perasaan bahagia yang tidak bisa diungkapkan oleh para ibu di dunia. Sejak mengetahui dirinya tengah berbadan dua, kemungkinan Anda telah melakukan berbagai persiapan bahkan jauh sebelum hari lahir si kecil datang. Semakin mendekati hari bersalin, Anda pun semakin penasaran bertemu dengan si malaikat kecil kesayangannya.

Namun apakah bunda merasa sangat sedih berkelanjutan hingga berhari hari lamanya tanpa sebab usai melahirkan sang buah hati ? Kemungkinan besar Anda telah terkena postpartum blues yang selama ini dibicarakan oleh para ibu baru. Menurut para ahli, sebagian besar wanita yang baru saja menjadi ibu baru mengalami postpartum blues.

Ada beberapa gejala yang menandakan bahwa Anda tengah memasuki masa tersebut. Mulai dari tubuh yang cepat lelah, merasa mudah kesal bahkan pada hal sepele sekalipun, meski lelah namun kesulitan untuk beristirahat, penurunan kepercayaan diri, enggan memperhatikan sang buah hati, hingga menangis tanpa ditemukan alasan yang jelas.

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, dapat disimpulkan bahwa baby blues syndrome adalah momen dimana suasana hati sang ibu sedang tidak menentu akibat kelelahan mengurus si kecil yang baru saja lahir. Perubahan hormon usai menjalani proses persalinan merupakan penyebab utama postpartum blues menyerang para ibu baru.

Dimana hormon untuk bersalin perlahan akan berkurang, sedangkan hormon untuk memproduksi ASI mengalami peningkatan. Perubahan hormon inilah yang memberikan efek cukup besar bagi emosional wanita. Perasaan lelah yang belum berkesudahan, masih ditambah dengan tanggung jawab merawat si kecil.

Dengan kata lain, perubahan hormon serta perasaan bertanggung jawab untuk merawat si kecil memberikan perubahan besar di dalam hidup seorang ibu baru. Bahkan beberapa wanita merasa kewalahan adanya perubahan mendadak tersebut. Disinilah para ibu membutuhkan peran suami dan keluarga tersayang untuk menenangkannya.

Cara Sederhana Mengatasinya

Cara Sederhana Mengatasi

Usai mengetahui bahwa baby blues syndrome adalah perubahan suasana hati ibu yang baru saja melahirkan beserta penyebabnya, saatnya untuk mengetahui cara sederhana untuk mengatasinya agar kondisi tersebut tidak berlarut larut di masa mendatang. Cara ini tidak hanya mengubah suasana hati sang ibu saja, karena si kecil yang baru lahir bisa merasakan kasih sayang yang utuh.

Cara menghilangkan sindrom baby blues tidak selalu mengunjungi rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, karena Anda hanya perlu menerapkan metode sederhana untuk mengembalikan keceriaan sang ibu. Agar cara ini berjalan optimal, sebaiknya kenali dahulu permasalahan depresi pasca melahirkan untuk menemukan obat yang tepat.

Jika merasa kelelahan mengasuh si kecil, sebaiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk sekedar beristirahat atau bersantai ria sambil melakukan hobi. Mungkin hal ini sulit dilakukan, namun tidak ada salahnya mencoba di sela sela waktu yang ada. Tidur dalam waktu yang cukup, juga bisa menjadi alternatif menghilangkan postpartum blues.

Terlalu memaksakan diri agar melakukan semua pekerjaan sendiri, merupakan salah satu alasan mengapa ibu baru mengalami postpartum blues. Jika merasa kewalahan merawat si kecil sendiri dan ingin beristirahat sejenak, jangan pernah sungkan meminta suami maupun orang terdekat yang dapat dipercaya sebagai solusi terbaiknya.

Anda juga bisa berolahraga secara rutin untuk mengatasi postpartum blues. Sebab dengan berolahraga, perhatian Anda sejenak akan teralihkan sekaligus meningkatkan suasana hati. Karena baby blues syndrome adalah perubahan suasana hati pada seorang ibu yang baru saja melahirkan, maka Anda bisa saling bertukar cerita dengan para ibu baru lainnya.

Hampir seluruh wanita yang baru saja melahirkan akan merasakan postpartum blues. Meski gejala yang dimunculkan terlihat sepele, namun kondisi ini bisa membawa dampak negatif sang buah hati atau bahkan terhadap sang ibu sendiri. Untuk mengurangi kondisi suasana hati tidak menentu, Anda bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti memanjakan diri atau bepergian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *