Kesuksesan Butuh Proses, Berikut 5 Tokoh yang Terkenal Setelah Usia Lewat 40

2 min read

Tokoh yang Terkenal Setelah Usia Lewat 40

Banyak orang yang menyebutkan bahwa sukses itu tidak mengenal usia, hal ini bahkan dibuktikan oleh beberapa tokoh yang sukses setelah usia 40. Sebuah data ilmiah yang pernah diterbitkan, juga menjabarkan bahwa kesuksesan adalah suatu hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan anak muda maupun orangtua.

Tokoh yang Sukses Setelah Lewat 40 Tahun

Soichiro Honda

Mendengar namanya saja, anda pasti sudah mengetahui bahwa Soichiro Honda merupakan seseorang di balik kesuksesan serta ketenaran nama perusahaan otomotif Honda yang berasal dari Jepang. Namun tahukah anda bahwa Soichiro mendapatkan masa kejayaannya ketika sudah berumur 42 tahun ? Tentu saja hal ini juga tidak didapat dengan cara yang mudah.

Soichiro Honda sendiri memang sudah tertarik dengan bidang otomotif sejak masih kecil, bahkan ketika umur 16 tahun ia tidak ingin melanjutkan sekolah dan hanya ingin mendalami mengenai bidang tersebut. Setelah itu ia pindah ke Tokyo dan mulai magang di sebuah bengkel, sebelum pada akhirnya tahun 1948 mendirikan perusahaan Honda Corporation.

Adi Dassler

Adi Dassler menjadi salah satu tokoh yang sukses setelah usia 40, dimana ia mencapai masa keemasannya di usia 49 tahun yaitu pada tahun 1949 saat akhirnya Adi Dassler berhasil mendirikan Adidas. Adi memang sudah belajar membuat sepatu sejak anak anak, dan kemampuannya semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Adi Dassler pertama kali memulai bisnis sepatu pada tahun 1924 di dapur ibunya, yang ditujukan untuk para atlet. Usaha sepatunya tersebut mengalami jatuh bangun, akan tetapi ia tidak menyerah sedikit pun. Hingga akhirnya berhasil mendirikan Adidas, yang saat ini menjadi salah satu brand sepatu terkenal hampir di seluruh dunia.

Kolonel Sanders

Kolonel Sanders

Bagi para pecinta ayam goreng KFC, tentu sudah tidak asing lagi dengan kisah Kolonel Sanders. Pria yang mempunyai nama asli Harland David Sanders tersebut, merupakan pendiri franchise ayam goreng lezat yang terkenal hingga seluruh dunia. Sebelum menjadi seperti sekarang, resep ayam goreng dari Kolonel Sanders pernah ditolak hingga 1.009 kali.

Tentu itu merupakan angka yang fantastis untuk sebuah penolakan. Meski demikian, Sanders tidak menyerah, dan kemudian berhasil mendirikan KFC pada tahun 1952 ketika usianya 62 tahun. KFC pun terus berkembang, bahkan saat ini cabang restorannya bisa ditemukan dengan mudah di berbagai negara termasuk juga Indonesia.

Ray Kroc

Menjadi saingan berat KFC, anda tentu tidak boleh melewatkan McDonald’s yang didirikan oleh Ray Kroc pada usianya yang ke 52 tahun. Tokoh yang sukses setelah usia 40 ini sebelumnya sudah berjuang keras kurang lebih 30 tahun lamanya. Pada awalnya, Ray Kroc hanya bekerja sebagai seorang salesman selama belasan tahun.

Perubahan terjadi ketika ia bertemu dengan Dic dan Mac bersaudara ketika sedang berjualan mixer. Dic dan Mac membuka restoran cepat saji dengan nama McDonald, dan menjual hamburger yang begitu lezat. Saat itu Kroc menawarkan diri untuk mengembangkan restoran tersebut dengan konsep franchise. Alhasil saat ini McDonald’s mendunia dengan sukses.

Stan Lee

Saat ini siapa yang tidak kenal dengan komik Marvel yang sudah diangkat menjadi film layar lebar, dan berkali kali masuk ke dalam box office. Pencipta Marvel Universe, Stan Lee, membuat komik hits pertamanya yakni The Fantastic Four ketika usianya menginjak 39 tahun. Dan Marvel Universe sendiri mulai berdiri beberapa tahun setelah The Fantastic Four tercipta.

Tentunya sebelum menjadi seperti sekarang, banyak hal yang telah dilalui oleh Stan Lee. Ia bahkan tidak langsung berhasil membuat komik sendiri, karena pada awal debutnya Stan Lee hanya bekerja sebagai asisten kantor di Timely Comics (tahun 1960 an berubah menjadi Marvel Comics). Hal ini menjadikannya sebagai salah satu tokoh yang sukses setelah usia 40.

Kisah kisah dari berbagai tokoh di atas menggambarkan bahwa berapapun usia seseorang, maka tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur terhadap kesuksesan yang dapat diraih. Dengan berbekal tekad yang kuat dan pantang menyerah, selagi kuat dalam segi fisik dan mental maka kesuksesan tentu dapat diraih meski pada usia paruh baya sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *