Kenali Ciri Ciri Baby Blues Yang Bunda Sering Tidak Sadari

2 min read

Ciri Baby Blues Yang Bunda Sering Tidak Sadari

Kelahiran sang buah hati ke dunia merupakan momen membahagiakan sekaligus mendebarkan. Sayangnya beberapa ibu baru justru mengalami postpartum blues pasca si kecil telah lahir. Kondisi ini dapat terjadi akibat perubahan hormon, sehingga perasaan mudah berubah tanpa disadari oleh para wanita. Berikut ciri ciri baby blues yang perlu Anda ketahui.

Ciri Ibu Mengalami Sindrom Baby Blues

Menangis Tanpa Alasan

Menangis tanpa ditemukan alasan yang jelas,merupakan salah satu ciri menandakan bahwa Anda tengah dilanda postpartum blues. Kondisi ini umumnya terjadi karena beberapa hal seperti rasa lelah yang terus menumpuk, merasa belum bisa memberikan yang terbaik bagi si kecil, hingga adanya perasaan khawatir dan bersalah akibat tidak siap menjadi seorang ibu.

Menyadari bahwa pasangan menjadi lebih sering menangis bahkan ketika menjelang tidur, tentu saja pasangan harus lebih peka dan berusaha menenangkannya. Sedangkan dari sisi sang ibu, Anda harus lebih terbuka terhadap permasalahan dan lelah yang dirasakan untuk mendapatkan solusi bersama. Cara ini sangat ampuh menghilangkan rasa lelah berlebih.

Mudah Kesal

Apakah Anda akhir akhir ini menjadi lebih sensitif dan mudah kesal hanya karena hal sepele sekalipun ? Kondisi ini sesuai dengan ciri ciri baby blues, dimana sang ibu merasa lelah berlebih karena harus mengurus si kecil yang baru lahir tanpa melupakan tugas utama sebagai seorang istri. Akibatnya, perasaan mudah meledak pun muncul ke permukaan tanpa bisa ditahan.

Tugas menjadi seorang ibu baru tidak semudah yang dibayangkan, terutama pada masa awal kelahirannya. Sebab tidak sedikit bayi mengalami kolik yang membuatnya terus menangis tanpa henti hingga berjam jam lamanya. Tangisannya pun tidak kunjung reda meski telah digendong dan berada di dalam dekapan sang ibu. Kondisi ini memicu rasa jengkel dan lelah bersamaan.

Mudah Tersinggung

Selain mudah kesal, ternyata ibu yang baru saja melahirkan juga kerap merasa mudah tersinggung terhadap ucapan orang lain. Lelahnya yang tidak berujung, membuat ibu baru merasa harus dimengerti dan akan marah ketika ada orang lain tidak sepaham dengan Anda. Jika kondisi ini dibiarkan, ada kemungkinan sang ibu akan semakin lelah dan emosi tidak dapat terkontrol.

Menyadari jika pasangan mudah tersinggung, orang tua maupun pasangan harus lebih bersabar menghadapinya. Tahan semua komentar yang tidak terlalu penting, dan sebagai gantinya berilah pujian ketika hendak memberikan nasehat. Ajaklah bicara perlahan, sehingga perasaan menggebu gebu tidak tampak ke permukaan.

Kesulitan Beristirahat

Kesulitan Beristirahat

Umumnya bayi yang baru saja lahir tidak ingin jauh dari sang ibu. Inilah alasan mengapa banyak wanita memilih untuk tiduran santai sambil menyusui makhluk mungil tercintanya. Namun siapa sangka jika posisi menyusui sulit dilakukan untuk sebagian wanita, terutama bagi mereka yang menjalani operasi c-section.

Meski luka sobek masih belum kering seutuhnya, ibu harus menyusui dengan cara memiringkan badannya ke arah kanan atau kiri. Rasa sakit yang harus ditahan inilah yang menjadi pemicu kesulitan tidur. Kesulitan tidur akibat kelelahan mengurus sang buah hati adalah ciri ciri baby blues yang kerap terjadi pada ibu pasca melahirkan.

Merasa Mudah Lelah

Pasca melahirkan, para wanita umumnya merasa cepat lelah dibandingkan sebelumnya. Kelelahan tidak berujung tersebut dapat terjadi, karena dirinya harus mengurus si kecil hingga melupakan bahwa dirinya juga memerlukan istirahat. Jika tubuh merasa lelah dan membutuhkan istirahat, jangan pernah sungkan meminta bantuan kepada pasangan maupun keluarga tercinta.

Sedangkan untuk para suami, sebaiknya mengambil inisiatif untuk menolong istri agar bebannya dapat berkurang. Dengan cara ini, pasangan bisa mendapatkan waktu istirahat cukup dan Anda pun bisa mengenal si kecil lebih dalam. Pertolongan yang bisa diberikan cukup sederhana seperti membantu mengganti popoknya atau menenangkan si kecil ketika menangis.

Penurunan Kepercayaan Diri

Penurunan kepercayaan diri termasuk ciri ciri baby blues yang perlu diwaspadai. Kondisi ini dapat terjadi akibat khawatir tidak dapat menjadi sosok yang terbaik bagi sang buah hati, hingga menyadari perubahan tubuhnya pasca melahirkan. Dalam kondisi tersebut, pasangan dapat memberikan pujian jika sang istri tetap cantik dan aura keibuannya mulai terpancarkan.

Menangis tanpa alasan, mudah merasa lelah tidak berkesudahan, mudah tersinggung, hingga penurunan kepercayaan diri merupakan ciri yang menandakan bahwa Anda tengah mengalami postpartum blues. Tidak hanya mengganggu kesehatan sang ibu, namun sindrom satu ini juga berpengaruh bagi pasangan dan sang buah hati tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *