Jadi Inspirasi Orang Sukses, Berikut 4 Buku Anak Anak yang Memberi Semangat

2 min read

Buku Anak Anak yang Memberi Semangat

Banyak orang bijak yang mengatakan bahwa buku merupakan jendela dunia, anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kalimat tersebut. Tidak heran bila sedari kecil, banyak yang sudah dibiasakan untuk membaca buku. Ternyata di buku anak anak juga menyimpan segudang motivasi yang bisa menjadi inspirasi. Berikut daftar buku motivasi yang bisa anda baca.

Buku dengan Segudang Inspirasi

The Little Prince

Buku pertama hadir dari tahun 1943, karya Antoine de Saint Exupéry. Buku yang berjudul asli Le Petit Prince ini pertama kali terbit dalam bahasa Perancis, dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 300 bahasa termasuk Indonesia. Buku terbaik pada abad 20 di Perancis ini, meski ditujukan sebagai bacaan anak anak namun memiliki makna filosofis yang amat mendalam.

Inti ceritanya sendiri adalah mengenai seorang pilot yang bertemu dengan pangeran kecil dari luar angkasa. Mereka bertemu di tengah tengah gurun Sahara, dan melakukan percakapan. Di dalam percakapan ini, penulis mengemukakan pendapatnya perihal kesalahpahaman yang sering dilakukan oleh manusia dan kebenaran yang sering mereka lupakan.

The Giving Tree

Buku motivasi berikutnya yang tidak kalah menginspirasi yaitu The Giving Tree karya Shel Silverstein. Buku satu ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1964, dan sudah diterjemahkan cukup banyak ke dalam beberapa bahasa termasuk juga Indonesia. Meski setiap lembarnya berisikan kalimat yang tidak terlalu panjang, karena ditujukan untuk anak anak.

Namun buku satu ini mengandung nilai filosofi yang amat kuat, dengan ilustrasi yang simpel tapi bermakna. The Giving Tree sendiri memiliki fokus cerita pada sebatang pohon, yang bersahabat dengan seorang anak laki laki. Ketika beranjak dewasa, si anak hanya datang menemui sang pohon ketika mengalami kesulitan. Meski begitu si pohon selalu membantu setiap kesulitannya.

Dengan membaca buku tersebut, setiap pembaca akan mendapat pembelajaran tersendiri. Anda pastinya bisa mendapatkan kisah tersendiri, yang tidak dapat ditafsirkan oleh pembaca lainnya. Begitulah sebuah buku hebat biasanya tercipta, beberapa orang ada yang mengumpamakan bahwa pohon tersebut sebagai orangtua yang siap memberikan apapun pada anak.

Matilda

Matilda

Matilda merupakan buku yang diciptakan dari tangan seorang Roald Dahl, yang terkenal sebagai penulis buku buku best seller yang karyanya mampu menghidupkan fantasi anak anak. Jadi tidak heran bahwa buku motivasi satu ini berhasil memenangkan Children’s Book Award pada tahun 1988, dan kembali memenangkannya pada tahun 1999.

Matilda adalah nama seorang bocah cilik genius yang merupakan tokoh utama pada buku tersebut. Di usianya yang beranjak 5 tahun, Matilda sudah mampu menghabiskan semua buku di perpustakaan dan membaca karya karya penulis besar. Menurut gurunya di sekolah, bahkan Matilda sudah bisa masuk ke jenjang universitas dua tahun mendatang.

Namun ironisnya, gadis kecil tersebut tidak hidup di lingkungan yang sesuai dengan apa yang dia butuhkan. Terlebih kedua orangtuanya yang sibuk dengan kesibukan masing masing, sehingga Matilda tidak dapat bergelimang kasih sayang layaknya anak seusianya pada saat itu. Buku ini sangat cocok dibaca oleh semua umur, dari anak anak hingga dewasa.

James and The Giant Peach

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Roald Dahl merupakan seorang penulis buku buku best seller. James and The Giant Peach ini merupakan salah satu karyanya selain Matilda. James and The Giant Peach sendiri bercerita mengenai kehidupan James Henry Trotter, yang berubah setelah kedua orangtuanya mengalami kecelakaan naas yang merenggut nyawa.

James kemudian tinggal bersama dengan kedua bibinya, Spiker dan Sponge yang selalu mengejeknya dan sesekali memukul bahkan membiarkan James dalam kelaparan. Kehidupan James berubah setelah ia bertemu dengan seorang pria tua, yang memberinya sebuah kantong berisi keajaiban. Buku motivasi satu ini wajib untuk anda baca ketika membutuhkan inspirasi.

Motivasi atau inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk dari sebuah buku. Buku memang layak disebut sebagai gudang ilmu, karena dengan membaca banyak pengetahuan yang bisa anda dapatkan. Bahkan pada buku anak anak sekalipun, ternyata memiliki dampaknya tersendiri pada kehidupan. Banyak juga orang sukses yang bisa mendapatkan inspirasi dari sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *