Agar Tidak Boros, Berikut Tips Menabung Bagi Para Pelajar

2 min read

Tips Menabung Bagi Para Pelajar

Para pelajar umumnya masih mengandalkan uang dari orang tuanya karena belum memiliki pendapatan sendiri. Walaupun demikian, bukan berarti kamu bisa menghamburkan uang yang sudah diberikan sesuka hati. Daripada menghamburkan uang tanpa ada manfaatnya, kenapa tidak menabungnya sebagai pilihan terbaik. Berikut tips menabung bagi para pelajar yang wajib dicoba.

Tips Jitu Menabung untuk Para Pelajar

Simpan Uang Receh

Jangan pernah meremehkan nominal uang receh sedikitpun. Walaupun nominalnya cukup kecil dan tidak bisa digunakan untuk membeli sesuatu, namun jika ditabung secara rutin maka jumlahnya tidak kalah melimpah. Jangan pernah malu mendapatkan kembalian uang receh. Alih alih tidak menerimanya, kamu bisa memasukkannya ke dalam celengan pribadimu.

Saat celengan terisi penuh, silahkan membukanya dan melihat berapa jumlah uang yang sudah berhasil ditabung. Setelah tukarkan ke warung atau toko terdekat dengan uang kertas dengan nominal serupa. Umumnya pertokoan akan menerimanya dengan senang hati, karena mereka bisa menggunakannya untuk memberikan kembalian kepada pelanggannya.

Mencoba Menabung dengan Nominal Kecil

Pada awalnya, kemungkinan kamu akan merasa kesulitan untuk mulai menyisihkan sebagian uang saku yang diberikan. Sebab kamu harus menahan hasrat untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mencoba menabung dengan nominal kecil sebagai tips menabung bagi para pelajar.

Jangan malu untuk menabung dengan nominal kecil ketika berusaha membiasakan menabung pertama kalinya. Ada pepatah yang mengatakan bahwa sedikit demi sedikit, kemudian akan berubah menjadi bukit. Pepatah ini cocok bagi kamu yang ingin menabung dengan nominal kecil, namun ragu bisa melakukannya karena takut hasil kurang memuaskan.

Membuka Bisnis Sampingan

Bagaimana jika kamu masih ingin jalan jalan atau sekedar nongkrong bersama teman teman saat akhir pekan ? Tampaknya membuka bisnis menjadi sampingan bisa menjadi solusi cerdas. Dengan cara ini, kamu akan memiliki jumlah tabungan lebih melimpah daripada hanya bergantung dari uang saku yang diberikan orang tua.

Bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh pelajar cukup bervariasi, seperti menjual makanan ringan atau menjadi petugas kantin. Bisnis kecil kecilan ini tidak akan mengganggu proses belajarmu, karena semua aktivitas tersebut bisa dilakukan saat jam istirahat atau pulang sekolah. Walaupun termasuk bisnis kecil kecilan, jangan pernah meremehkan penghasilan yang didapatkan.

Pertimbangkan Sebelum Membeli

Pertimbangkan Sebelum Membeli

Pernahkah merasa menyesal usai membeli suatu barang ? Kondisi ini terjadi karena kamu hanya lapar mata semata, dan menyadari bahwa barang tersebut sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Umumnya hal ini terjadi ketika melihat bentuk dan warnanya yang lucu, atau karena tergiur adanya diskon besar besaran.

Sebelum memasukkannya ke dalam keranjang, coba pertimbangkan kembali apakah kamu benar benar membutuhkannya. Jika membelinya hanyalah kepuasan semata lalu menyesal kemudian, sebaiknya urungkan niat tersebut sebelum berubah pikiran kembali. Tentu saja tips menabung bagi para pelajar ini wajib dicoba segera mungkin agar terbiasa sejak dini.

Membagi Uang Sesuai Kebutuhan

Kesulitan dalam manajemen keuangan ? Cobalah untuk membagi uang yang didapatkan dengan kebutuhanmu. Misalnya saja jika kamu mendapatkan uang saku setiap seminggu sekali, maka penting untuk membaginya menjadi beberapa bagian. Mulai dari biaya transportasi, biaya tabungan, biaya mengerjakan tugas, dan masih banyak lagi lainnya.

Membagi uang sesuai kebutuhan, akan memudahkan memahami berapa besaran dana yang harus dikeluarkan tanpa meminta uang saku lebih banyak. Sebab seberapa banyak uang saku yang diberikan, tentu akan habis dalam sekejap jika tidak bisa mengaturnya dengan baik. Secara tidak sadar, cara ini membantu mempelajari pentingnya mengatur keuangan sejak dini.

Mulai Membawa Bekal

Mulai membiasakan diri membawa bekal, adalah salah satu tips menabung bagi para pelajar yang wajib dicoba. Coba bayangkan berapa besaran anggaran yang dikeluarkan untuk sekali makan saja setiap harinya. Cara ini tidak hanya membantu mensukseskan belajar menabung saja, namun kamu bisa mendapatkan gizi seimbang dan terjamin kebersihannya.

Masih mendapatkan uang saku dari orang tua, bukan menjadi alasan untuk bisa bermanja manja dan menghamburkannya begitu saja. Sisihkan sebagian uang jajan tersebut, dan hanya boleh digunakan ketika dalam keadaan mendesak saja. Hasil tabungan kecil kecilan tersebut, juga membantumu untuk belajar lebih hemat dan bisa membeli kebutuhan dengan uang sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *