6 Hardskill yang Paling Banyak Dicari Perusahaan di Era Digital

2 min read

Hardskill yang Paling Banyak Dicari Perusahaan di Era Digital

Hardskill atau kemampuan teknis yang dimiliki oleh seseorang memang menjadi salah satu bekal utama dalam mencari pekerjaan. Di era digital seperti sekarang ini, terdapat beberapa skill yang mulai banyak dicari oleh perusahaan. Diperkirakan hardskill tersebut bahkan akan tetap dicari selama beberapa waktu ke depan. Berikut daftar hardskill di era digital yang banyak dicari.

Kemampuan Teknis yang Paling Banyak Dicari

SEO/SEM Marketing

Di era yang serba digital seperti saat ini, berbagai hal dalam kehidupan mulai beralih secara digital termasuk juga marketing yang banyak merambah ke dunia maya. Sehingga kemampuan SEO (search engine optimization) dan SEM (search engine marketing), saat ini semakin banyak dibutuhkan dan dicari oleh banyak perusahaan.

SEO dan SEM sendiri merupakan serangkaian upaya atau perlakuan untuk mengoptimalkan digital marketing. Tentunya perusahaan akan membutuhkan kemampuan tersebut, agar bisnis mereka tetap bertahan di persaingan digital. Banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan kemampuan SEO, analisis pasar, dan insting marketing yang kuat.

Mobile App Development

Hardskill di era digital selanjutnya yang juga banyak dicari yaitu mobile app development. Bagaimana tidak, pada era yang semua serba teknologi ini banyak sekali aplikasi tersedia untuk membantu tugas dan kegiatan sehari hari manusia. Sehingga saat ini cukup banyak perusahaan, yang tengah berlomba untuk mengembangkan aplikasi smartphone.

Oleh karena itu lowongan kerja dengan skill mobile app development, juga semakin banyak tersebar. Para mobile developer sendiri mempunyai tugas yaitu untuk membuat, serta mengembangkan aplikasi smartphone. Mereka yang mempunyai kemampuan ini juga nantinya akan bertugas untuk memastikan, bahwa aplikasi tersebut dapat terus berjalan baik setelah peluncuran.

Cloud Computing

Pada zaman sekarang, mayoritas perusahaan menggunakan sistem cloud sebagai tempat untuk menyimpan data sekaligus informasi perusahaan. Oleh karena itu, dewasa ini semakin banyak pula perusahaan yang membutuhkan seorang ahli yang menguasai cloud computing. Cloud computing sendiri memang saat ini dinilai menjadi solusi efektif, dalam hal penyimpanan.

Karena sistem berbasis cloud mampun menghemat tempat dan juga dana yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Tidak heran jika cloud computing menjadi hardskill di era digital berikutnya yang paling banyak dicari. Pasalnya dengan memanfaatkan cloud, perusahaan bisa mengakses data yang diinginkan dari mana saja dan kapan saja.

UX Design

UX Design

Dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat, tidak bisa dipungkiri saat ini banyak sekali website dan software yang bermunculan. Tentunya berbagai software dan website ini berlomba lomba untuk membuat desain sedemikian rupa. Agar mampu menarik minat para pengguna atau user. Dalam hal ini desain yang dimaksud tidak berpusat pada keindahan saja.

Namun juga perihal bagaimana suatu software atau website, mempunyai interface yang mudah untuk diakses. Intinya, desain yang diberikan dititikberatkan pada kepuasaan dari sisi pengguna. Sehingga untuk merealisasikan desain yang dimaksud, maka dibutuhkan kemampuan UX design. UX design ini berguna untuk menunjang pembangunan website dan software.

Blockchain

Mungkin anda masih kurang familiar dengan istilah satu ini. Meski begitu, blockchain sudah ada sejak tahun 2009 dan terus berkembang hingga saat ini. Blockchain merupakan cara baru dalam menyimpan, autentikasi, validasi, serta memindahkan data digital ke internet dengan jaminan keamanan yang tinggi. Dapat dikatakan bahwa blockchain yaitu catatan transaksi digital.

Teknologi yang terus berkembang memang menjadikan transaksi digital atau melalui internet, menjadi lebih mudah bahkan tanpa memerlukan perantara pihak ketiga. Sistem yang berisikan catatan transaksi ini telah dimanfaatkan oleh banyak sektor, termasuk transaksi mata uang kripto seperti bitcoin dan lain sebagainya.

Artificial Intelligence

AI atau artificial intelligence merupakan hardskill di era digital selanjutnya yang juga banyak dicari. Kecerdasan buatan ini membantu menambah kemampuan manusia, dalam memberikan pelayanan yang jauh lebih baik. Contoh dari penggunaan AI adalah fitur chat box pada suatu website, yang bisa digunakan untuk melayani keluhan konsumen.

Karena perkembangan teknologi semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun, beberapa keterampilan teknis di atas diduga akan banyak dicari selama beberapa waktu ke depan. Apabila anda sudah memiliki setidaknya dasar dari kemampuan di atas, maka sebaiknya mulai tingkatkan kemampuan tersebut guna pengembangan karier yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *