6 Cara Paling Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

2 min read

Meningkatkan Motivasi Belajar

Belajar adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan, bahkan bisa dibilang proses belajar ini sudah dimulai sejak lahir hingga sepanjang hidup manusia. Untuk pelajar dan mahasiswa sendiri, belajar dalam konteks mempelajari suatu disiplin ilmu merupakan kewajiban. Agar kewajiban ini terpenuhi, berikut cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar.

Cara Meningkatkan Motivasi Dalam Belajar

Cari Metode Belajar yang Disukai

Salah satu cara paling efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi dalam belajar, yaitu mencari metode belajar yang tepat. Biasanya hal yang disukai akan membuat kegiatan menjadi lebih menyenangkan, termasuk juga belajar. Apabila anda menyukai metodenya, tentu pembelajaran akan lebih menghasilkan dampak yang besar.

Misalnya anda hobi membaca, maka anda bisa belajar dengan cara lebih banyak membaca buku. Di sisi lain, seseorang yang tidak begitu suka membaca dan lebih suka mendengar penjelasan secara audio visual maka dapat memanfaatkan teknologi yang ada sebagai media belajar. Contohnya anda dapat menggunakan platform YouTube, dan lain sebagainya.

Luangkan Waktu Setiap Hari

Cara ampuh lainnya untuk meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan membuat kegiatan tersebut menjadi kebiasaan. Apabila anda sudah terbiasa untuk belajar setiap hari, maka jika suatu hari anda tidak melakukannya maka akan terasa ada yang janggal. Selain itu kebiasaan bisa membuat anda menjadi enjoy dan tidak berat saat memulai aktivitas tersebut.

Anda tidak perlu duduk berjam jam untuk mempelajari sesuatu, cukup luangkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit dalam sehari. Atur juga waktu yang tepat ketika suasana hati dan pikiran sedang fresh, lakukan juga bersamaan dengan kegiatan menyenangkan lainnya. Misalnya anda dapat belajar dengan menghabiskan secangkir minuman favorit, dan lain lain.

Buat Kelompok Belajar

Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu membutuhkan manusia lainnya. Oleh sebab itu memiliki kelompok diskusi atau kelompok belajar, merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan motivasi belajar. Anda bahkan bisa memanfaatkan teknologi yang ada, seperti menjalin koneksi di sosial media, dan membuat grup sebagai media bertanya dan membagikan ilmu.

Ingatkan Diri Mengenai Hasilnya

Ingatkan Diri Mengenai Hasilnya

Berikutnya anda bisa mengingatkan diri mengenai hasil yang bisa diperoleh, apabila anda giat dalam belajar. Misalnya anda ingin mempelajari bahasa Korea, namun merasa kesulitan ketika belajar bahasa sehingga kehilangan motivasi. Di saat seperti itu, bayangkan bagaimana hasil yang bisa anda dapatkan saat berhasil mempelajari bahasa tersebut.

Bayangkan bagaimana anda bisa pergi ke negara ginseng, berjalan sepanjang toko atau restoran sembari berbincang dengan pramuniaga mengenai produk yang ditawarkan tanpa perlu penerjemah. Dengan membayangkan hasil yang bisa diperoleh, anda akan kembali termotivasi dalam belajar bahasa tersebut meski mulai dasarnya.

Memilih Hal yang Ingin Dipelajari

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa melakukan hal yang disukai tentu akan memberikan motivasi yang lebih besar karena kegiatan terasa lebih menyenangkan. Meski di sekolah sebenarnya anda tidak mempunyai banyak pilihan. Sebab sekalipun anda tidak menyukai beberapa pelajaran, namun tetap kewajiban anda untuk mempelajarinya.

Namun anda bisa memulai dengan mempelajari hal yang disukai terlebih dahulu. Tentukan bidang yang merupakan kesukaan anda, baru kemudian disusul pelajaran lainnya. Jika sudah lulus dari bangku sekolah, maka anda bisa bebas mempelajari segala hal yang ingin anda pelajari. Mulailah dengan yang anda suka, maka proses belajar akan menjadi lebih menyenangkan.

Berikan Penghargaan Kecil

Terakhir anda bisa melakukan cara ini untuk meningkatkan motivasi belajar, yaitu dengan memberikan penghargaan kecil kepada diri sendiri setiap berhasil mempelajari suatu hal. Penghargaan ini misalnya dapat berupa pujian kepada diri sendiri, membeli barang atau makanan yang disukai, dan lain sebagainya.

Ini bisa dibilang sebagai salah satu cara modifikasi perilaku, yang memberikan pemahaman kepada otak bahwa ketika anda berhasil mempelajari suatu hal maka akan membawa kegembiraan kepada diri. Dengan begitu anda akan terus termotivasi untuk giat belajar, karena di otak sudah tertanam bahwa keberhasilan belajar akan membawa kegembiraan.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan motivasi dalam belajar. Cara cara ini juga dapat anda lakukan untuk mempertahankan motivasi yang sudah ada, agar tidak menurun atau hilang. Belajar memang hal yang penting, karena bisa membawa diri menjadi pribadi yang lebih baik dan mendapatkan pengetahuan yang luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *