6 Cara Berpikir Positif Yang Wajib Anda Terapkan

2 min read

Cara Berpikir Positif

Mencoba tetap positif thinking di saat tertimpa musibah memang bukan hal yang mudah dilakukan oleh semua orang, namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Sebab pemikiran positif juga mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Berikut beberapa cara berpikir positif yang bisa Anda terapkan agar bisa menikmati hidup dari sisi berbeda.

Mindset Positif Thinking yang Perlu Anda Terapkan

Tidak Lupa Mengucapkan Syukur

Pernahkah Anda merasa iri ketika melihat kehidupan orang lain yang terlihat lebih bahagia dan beruntung ? Sebenarnya kondisi ini wajar terjadi, namun akan menjadi penyakit jika Anda menyadari adanya perasaan dengki dan ingin merebut kebahagiaan orang tersebut. Tentu saja perasaan tersebut tidak baik bagi kesehatan mental Anda, sehingga penting untuk segera menyudahinya.

Daripada terus menerus merasa iri, akan lebih baik jika Anda mulai bersyukur dengan apa yang telah dimiliki saat ini. Mensyukuri apa saja yang telah dimiliki, akan sangat membantu Anda untuk lebih bahagia dari orang lain yang mungkin berusaha menyembunyikan kesedihannya. Bahkan hal hal kecil seperti terbangun di pagi hari atau memiliki teman setia wajib disyukuri.

Hilangkan Drama

Hanya menjadi beban dan gagal menjadi manusia merupakan salah satu pikiran negatif yang umumnya muncul disaat seseorang berada di titik terendahnya. Namun perlu diingat kembali bahwa kegagalan merupakan sebuah kesuksesan yang masih tertunda, sehingga Anda masih memiliki kesempatan untuk mencobanya kembali sebagai cara berpikir positif.

Tidak perlu mendramatisir bahwa hidup Anda yang paling berat dan tidak ada orang yang bisa memahaminya. Justru pikiran negatif yang terus dipupuk akan berpengaruh buruk bagi psikologis Anda sendiri. Oleh karena itu, hilangkan pemikiran drama karena kemungkinan jika kehidupan Anda tidak seburuk yang dipikirkan.

Melihat Dari Sudut Pandang Lainnya

Setiap orang memiliki beban hidup dan permasalahan di dalam hidupnya. Hanya saja hal yang membedakannya hanyalah bagaimana cara orang tersebut menyikapi persoalan di hadapannya. Apabila Anda hanya melihat sisi buruk atas persoalan tersebut, tentu saja pandangan akan tertutup dengan hal buruk saja.

Namun akan berbeda jika Anda menyeimbangkannya dengan pemikiran positif di setiap persoalan. Walaupun menerapkannya tentu tidak semudah seperti yang dikatakan, namun akan lebih baik mencobanya daripada tidak sama sekali. Sekalipun perasaan kecewa atau bahkan kesal masih muncul, jangan pernah ragu mengambil waktu sejenak dan pikirkan hal positif di setiap kejadian.

Berbicara Hal Positif

Berbicara Hal Positif

Ketika menghadapi sebuah permasalahan tertentu, disadari atau tidak seseorang mulai berubah menjadi kritikus buruk bahkan bagi dirinya sendiri. Sebab pemikiran tersebut secara otomatis membentuk opini negatif dan akan terus melekat di pikiran. Sebaiknya hentikan terus menerus mengkritik hal buruk diri sendiri dan mulai berbicara terkait hal positif yang didapatkan.

Mengganti topik pembicaraan dan mengarahkannya ke ranah lebih bermanfaat, adalah salah satu cara berpikir positif yang bisa Anda coba. Bahkan terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa memikirkan hal positif, akan membantu mengatur perasaan serta perilaku seseorang. Untuk itulah, jangan berhenti memikirkan hal positif lalu benamkan di dalam diri.

Lebih Banyak Tersenyum

Walaupun senyuman tidak bisa menghilangkan atau menyelesaikan permasalahan Anda, namun setidaknya tersenyum membuat pikiran menjadi lebih positif. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang mengatakan bahwa seseorang bisa menjalani hari beratnya dengan cara tersenyum. Senyuman seakan menghadirkan pikiran positif setelahnya.

Menghabiskan Waktu dengan Orang Positif

Tahukah Anda bahwa pemikiran seseorang sebenarnya dapat menular kepada orang lain ? Dengan kata lain, Anda bisa merasakan energi positif jika berkumpul dan menghabiskan waktu dengan mereka yang memiliki pikiran positif dan begitu pula sebaliknya. Disinilah Anda harus memilih ingin menghabiskan waktu dengan siapa.

Dengan kata lain, salah satu cara berpikir positif tercepat yaitu bertemu dengan orang lain dengan pemikiran ke ranah positif pula. Tidak hanya mengubah mindset semata, pasalnya orang orang tersebut juga bisa menyebarkan kebaikan dalam hidup Anda. Bergaul dengan orang yang membawa sisi baik bisa menjadi solusi terbaik bagi kesehatan psikologis Anda.

Tidak selamanya hidup tentang sukacita saja, karena kadangkala masalah hadir untuk mendewasakan. Kini saatnya bagi Anda untuk menentukan apakah ingin berjalan di tempat atau justru bangkit dan menjaga pola pikir tetap positif. Mengubah persepsi dan memandang dari sudut pandang berbeda, akan membuat Anda sadar pentingnya menjaga pola pikir positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *