5 Macam Softskill yang Harus Dimiliki Dalam Dunia Kerja

2 min read

Softskill yang Harus Dimiliki Dalam Dunia Kerja

Banyak orang yang mengatakan bahwa nilai tinggi dalam akademik, tidak terlalu berguna dalam dunia kerja. Hal ini memang benar adanya, sebab hardskill yang tidak diimbangi dengan softskill tentu akan membuat anda kalah dalam bersaing. Agar menjadi profesional muda yang cakap, berikut macam macam softskill yang harus dimiliki.Softskill yang Perlu Anda Miliki

Softskill yang Perlu Anda Miliki

Komunikasi yang Baik

Salah satu softskill atau keterampilan non teknis yang wajib anda miliki untuk memasuki dunia kerja, yaitu komunikasi yang baik. Pasalnya di dalam dunia kerja, mau tidak mau anda akan berhadapan dengan orang lain. Kemampuan ini sebenarnya tidak hanya dibutuhkan dalam dunia kerja saja, dalam hidup bermasyarakat pun sangat membutuhkan skill komunikasi.

Untuk dapat mengembangkan bentuk softskill ini, anda bisa memulainya dengan menjadi pendengar yang baik. Meski hanya mendengarkan, ternyata tidak semua orang bisa melakukan hal ini dengan tepat. Sebab banyak juga yang kehilangan fokus pada apa yang tengah dibicarakan. Selain mendengarkan dengan baik, anda juga bisa belajar berbicara dengan baik.

Berbicara dengan baik ini bisa anda latih sejak berada di dunia perkuliahan. Cobalah memasuki organisasi, yang dapat memberi anda peluang untuk lebih banyak berkomunikasi atau berbicara di depan umum. Anda bisa merekam percakapan tersebut, jadi anda bisa mengetahui kekurangan dari kemampuan berkomunikasi yang dimiliki saat mendengarkannya.

Kepemimpinan

Softskill yang harus dimiliki selanjutnya dalam dunia kerja yaitu kepemimpinan. Meski sebagian orang tidak suka menjadi pemimpin, namun seorang profesional muda perlu untuk memiliki sikap ini untuk mengembangkan karier. Tentu anda tidak ingin bekerja selama bertahun tahun lamanya, hanya dengan tetap berada pada posisi yang sama bukan ?

Apabila anda ingin posisi yang tinggi di dalam karier, maka otomatis anda tidak dapat menghindar menjadi seorang pemimpin. Oleh sebab itu, skill kepemimpinan harus mulai diasah sejak dini. Keterampilan non teknis ini dapat anda latih dengan mula mula belajar menjadi sosok yang berani terlebih dahulu. Jadi jika kesempatan datang, maka anda selalu siap.

Manajemen Waktu

Manajemen Waktu

Selain komunikasi yang baik dan kepemimpinan, manajemen waktu juga menjadi keterampilan lainnya yang perlu untuk anda miliki. Karena di dalam dunia kerja, tepat waktu merupakan perkara yang penting terlebih jika berhadapan dengan klien. Apabila deadline pekerjaan tidak bisa tercapai dengan baik, tentu klien akan kecewa bahkan mungkin tidak kembali lagi.

Manajemen waktu menjadi softskill yang harus dimiliki, karena hal tersebut dapat menunjukkan bahwa anda orang yang profesional. Untuk menguasai keterampilan satu ini, anda bisa memulainya dengan membuat jadwal atau timeline perihal tugas harian. Lama kelamaan manajemen waktu anda tentunya akan semakin baik.

Berpikir Kritis

Keterampilan non teknis berikutnya yang perlu untuk anda miliki yaitu berpikir kritis. Skill satu ini dijamin akan membantu anda terus berkembang selama berada di dunia kerja. Cara termudah untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, yaitu dengan membaca buku. Karena dengan membaca, maka akan meningkatkan wawasan serta menambah banyak kosakata yang anda miliki.

Selain itu, anda juga bisa sesekali melakukan diskusi dan debat dengan teman. Tidak perlu membahas mengenai hal yang terlampau berat, anda bisa memulainya dengan sekadar membahas isu yang tengah hangat atau yang anda dan teman sukai seperti film dan lain sebagainya. Kegiatan ini nantinya akan membuat pikiran anda jauh lebih kritis.

Kerja Sama

Memiliki keterampilan kerja sama yang baik di dalam tim, akan sangat berguna dan penting untuk karir anda kedepannya. Karena pada dasarnya di dalam dunia kerja, anda tidak akan pernah benar benar bekerja sendirian. Setidaknya meski anda membuat suatu proyek seorang diri sekalipun, tentu ada klien yang akan diajak untuk bekerja sama.

Oleh sebab itu kerja sama menjadi salah satu softskill yang harus dimiliki untuk memasuki dunia kerja profesional. Keterampilan satu ini perlu anda asah dan latih dengan baik, karena sebagian orang ada yang mampu bekerja dengan sangat baik jika seorang diri namun kesulitan saat harus bekerja sama. Hal tersebut tentunya akan menghambat anda sendiri, sekaligus tim.

Keterampilan keterampilan non teknis di atas sudah bisa mulai anda kembangkan selama berada di dunia perkuliahan. Dengan begitu, maka setelah lulus anda sudah bisa menjadi pribadi yang siap memasuki dunia kerja. Anda pun tidak akan kesulitan menghadapi segala hal yang terjadi dalam dunia profesional tersebut, dan berhasil mengembangkan karir dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *