5 Alasan Anda Harus Resign Meski Belum Memiliki Pekerjaan Baru

2 min read

Alasan Anda Harus Resign Meski Belum Memiliki Pekerjaan Baru

Bagi sebagian orang, berstatus sebagai pengangguran atau pencari kerja merupakan sebuah aib. Oleh karena itu, meski pekerjaan yang dilakukan saat ini terasa menyiksa namun membuat banyak orang pantang untuk resign jika belum memiliki pekerjaan baru. Namun berikut terdapat beberapa alasan harus resign yang perlu anda ketahui, meski pekerjaan baru belum tergenggam.

Alasan Anda Harus Mengundurkan Diri Sekarang Juga

Tidak Ada Motivasi

Salah satu alasan anda harus mengundurkan diri dari pekerjaan tidak nyaman yang saat ini anda geluti, yaitu karena motivasi di dalam diri. Karena tidak menyukai pekerjaannya, anda tentu akan menjadi tidak termotivasi mengerjakan job desk yang ada. Anda harus ingat, bahwa apa yang ada di dalam pikiran memang begitu berpengaruh dengan kinerja keseharian.

Akibat dari pikiran tidak nyaman ini adalah performa kerja anda pun menjadi menurun. Kinerja yang ada di bawah standar, membuat pekerjaan anda menjadi semakin berat dan membuat pekerjaan menumpuk di belakang. Tentunya hal ini akan semakin membuat anda tersiksa, dan tidak dapat menikmati setiap detik yang ada saat bekerja.

Waktu Menjadi Lebih Fleksibel

Alasan harus resign sekarang juga yaitu anda akan mempunyai waktu yang lebih fleksibel untuk mencari pekerjaan baru. Karena pada saat anda tidak nyaman di suatu pekerjaan dan hasrat ingin resign tersebut muncul, secara otomatis anda akan mulai mencari berbagai lowongan lain. Tentunya di zaman sekarang platform pencarian kerja menjadi lebih mudah untuk diakses.

Meski begitu, terkadang panggilan interview sulit sekali untuk didatangi karena waktu anda yang terbatas. Anda jadi terpaksa harus mengarang berbagai alasan untuk izin, agar dapat menghadiri panggilan interview. Bahkan terkadang izin cuti tidak bisa turun karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggal, alhasil anda pun batal dan melewatkan panggilan yang ada.

Bisa Lebih Fokus

Bisa Lebih Fokus

Apabila anda tidak resign terlebih dahulu dan terus menahan nahan di pekerjaan yang tidak mengenakkan, maka bisa membuat anda jauh lebih frustasi. Fokus untuk merencanakan masa depan pun tidak terlaksana. Malahan anda menjadi bingung, apa yang akan dilakukan kedepannya. Terlebih dengan beban kerja yang terus saja terasa semakin berat, membuatnya menjadi lebih lelah.

Dalam hal ini bisa menjadi alasan harus resign, sebab terkadang anda perlu melepaskan berbagai beban yang ada di dalam diri sebelum memulai untuk memikirkan apa yang ingin dilakukan selanjutnya. Dengan beban yang hilang, pikiran pun akan lebih jernih dan anda bisa siap memulai untuk merencanakan masa depan yang jauh lebih baik.

Wujud Rasa Sayang pada Diri Sendiri

Selain itu, resign secepatnya dari pekerjaan yang membuat anda tidak nyaman bisa menjadi salah satu wujud rasa sayang anda terhadap diri sendiri. Tentunya setiap pekerjaan memang mempunyai risikonya masing masing, di dalamnya terkadang juga dibumbui dengan rasa jenuh dan bosan. Namun jika tekanan yang dirasa terlampau besar, tentu anda harus segera mengambil tindakan.

Tidak hanya lelah fisik yang akan dirasa, namun juga lelah pikiran yang bisa jadi berujung pada depresi. Kesehatan fisik maupun mental adalah hal yang perlu anda pentingkan, untuk apa uang banyak namun anda menjadi sakit sakitan ? Maka dari itu, memaksa mengundurkan diri meski belum mendapat pekerjaan pengganti merupakan wujud rasa sayang pada diri sendiri.

Bersemangat Mencari Peluang

Salah satu alasan harus resign dalam waktu dekat yaitu karena ketika sudah tidak mempunyai pekerjaan, anda akan menjadi lebih bersemangat untuk mencari peluang. Hanya menunggu datangnya pekerjaan yang baru sembari berdiam diri di tempat yang sama, akan membuat anda menjadi malas malasan untuk mencari peluang.

Karena pada dasarnya masih ada pikiran bahwa pekerjaan yang tidak menyenangkan saat ini masih bisa ditahan tahan. Ibaratnya anda merasa seperti mempunyai backup, sehingga rencana mencari pekerjaan yang baru terus diundur nanti nanti. Sebaliknya, jika anda sudah resign maka akan memaksa anda untuk lebih gesit untuk mencari peluang karena tentu anda tidak ingin menganggur terlalu lama.

Tentunya anda tetap harus mempunyai pertimbangan yang matang saat memutuskan untuk resign dari suatu pekerjaan. Karena setiap pilihan di dalam hidup yang anda buat, merupakan tanggung jawab dari diri anda sendiri. Dengan perencanaan matang, maka saat menganggur pun tidak akan terbuang sia sia. Sebaliknya bisa menjadi waktu untuk mengembangkan kemampuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *