Wifi Rumah Menjadi Lebih Berguna

Kami sekeluarga tinggal di sebuah daerah di Depok Jawa Barat. Daerah rumah kami memang sedikit jauh dari perkotaan bahkan dapat dikatakan masih di lingkungan perkampungan di Depok. Nama daerah tempat kami tinggal adalah Pekapuran. Daerah ini setahun yang lalu masih sangat susah sinyal 4G, sedangkan paket internet bukan 4G harganya lumayan lebih mahal.

Hal ini membuat kebutuhan internet untuk aku dan anak-anakku menjadi mahal. Bukan hanya mahal tapi menjadi sulit untuk anak-anak, karena saat ini di sekolah apapun yang berhubungan dengan tugas sudah harus diakses dengan internet.

Dapat dikatakan jika internet menjadi kebutuhan yang utama dan penting bagi kami. Akhirnya solusi dari suamiku adalah memasang wifi di rumah. Setelah pemasangan wifi akses internet di rumah kami menjadi lebih mudah, tapi dampak buruknya adalah kualitas belajar anak-anak menurun. Lalu wifi rumah lebih sering dipakai untuk bermain game dan menonton youtube dibandingkan dengan keperluan untuk tugas atau materi sekolah.

Akhirnya aku berniat untuk mencarikan kegiatan untuk kedua anakku. Niat kami selaku orang tua, agar anak tidak hanya bermain game atau menonton youtube saya di rumah. Setelah membicarakannya dengan suami, kami sepakat untuk mencarikan mereka tempat kursus Bahasa Inggris. Menurut kami pengetahuan tentang Bahasa Asing harus diberikan sejak dini, karena belajar Bahasa Asing dari kecil akan lebih mudah diingat dan dipahami.

Setelah melalui proses pencarian, akhirnya keputusan kami adalah bukan memberikan mereka kursus Bahasa Inggris di lembaga konvensional melainkan di sebuah lembaga bimbel online. Nama dari lembaga bimbel online tersebut adalah Ruangguru. Ruangguru menyediakan pembelajaran secara online melalui video beranimasi berdurasi 10-15 menit.

Bukan hanya itu, Ruangguru juga menyediakan materi-materi berbentuk infografis yang ringkas namun rinci. Materi Bahasa Inggris di Ruangguru ini dikategorikan sesuai babnya.

Selain materi di aplikasi ini juga terdapat soal-soal yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan anak-anakku.

Aku dan suamiku sebenarnya masih mampu untuk mendampingi dan memberikan penjelasan materi Bahasa Inggris untuk anak kami. Sehingga dapat dikatakan kami sendirilah yang menjadi tutor bagi anak-anak.

Hal ini membuat biaya lebih hemat. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transport pergi ke tempat kursus Bahasa Inggris dan menghemat waktu kami juga selaku orang tua yang tidak perlu mengantar dan menjemput.

Selain itu permasalahan wifi dirumah kami yang hanya digunakan untuk game dan youtube akhirnya menemukan fungsi lain yang lebih berguna. Yaitu wifi dapat digunakan untuk mengakses materi dan soal-soal Bahasa Inggris di aplikasi Ruangguru.

Aku lebih bisa memantau kegiatan anakku secara langsung. Materi yang disajikan juga sangat up to date dan inovatif. Hal tersebut mencegah rasa bosan dan jenuh pada anak. Jika materinya menarik maka anak tidak akan malas dan mudah untuk memahami materinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *