jeans

SEJARAH CELANA JEANS

Iamotivator.com – Celana jeans sudah menjadi bagian dari pakaian yang sangat umum dipakai semua kalangan. Baik tua, muda, pekerja, pelajar,laki-laki atau perempuan. Pamor jeans terus meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu merek jeans yang diminati dan di klaim sebagai jeans pertama di dunia adalah levi’s. Levi’s merupakan produk dari Levi Strauss & Co. Perusahaan ini didirikan oleh Levi Strauss yang berasal dari Jerman. Awalnya Levi beserta keluarga berlayar ke Amerika untuk mulai berbisnis. Ia mengadu nasib ke New York dengan menjual kain yang merupakan barang dagang saudaranya. Ia berhasil menjual seluruh kain, kecuali satu gulung kain kanvas. Dengan kain yang tersisa itu dia berusaha membuat beberapa potong celana. Yang kemudian ia pasarkan kepada para pekerja tambang. Di luar dugaan, ternyata hasil karyanya banyak diminati, karena bahan yang kuat dan tidak mudah sobek. Meskipun demikian bahan kanvas dinilai terlalu kaku, sehingga ia mulai beralih pada bahan lain yang ia datangkan dari Genoa Italia. Di italia kain ini disebut dengan Genes, kemudian Strauss mengganti namanya dengan jeans. Dari sinilah asal muasal nama jeans yang kita kenal saat ini.

Kemudian Strauss mulai memasarkan produk celana pertamanya dengan merek “ Levi’s 501”. Produk ini dikhususkan untuk para pekerja tambang. Produk pertamanya laku keras, meskipun masih terdapat kekurangan dari produk tersebut, dimana sering robek di bagian saku. Kemudian Jacob davis, salah satu pelanggannya mengusulkan penggunaan paku keling untuk memberi kekuatan ekstra pada jeans buatannya. Ternyata cara itu berhasil, kemudian mereka memutuskan bekerja sama dan mematenkan temuan tersebut. Sejak saat itu popularitas jeans di kalangan pakerja tambang semakin eksis. Hingga membuat penggunaan jeans sebagai seragam tak resmi sebagai simbol pekerjaaan mereka. Kepopuleran jeans semakin meningkat ketika jeans digunakan dalam berbagai film, hal ini mendorong masyarakat ikut mencontohnya.

Pada masa perang dunia, jeans juga menjadi fashion item para tentara Amerika ketika tidak bertugas. Popularitas jeans meningkat dari tahun ke tahun di dukung oleh penggunaa jeans oleh artis-artis terkenal pada masanya seperti James Dean pada tahun 1950, penggunaan jeans oleh kaum hippy pada tahun 1970-an dan di akhir 1970-an penggunaan jeans di populerkan oleh Brooke Shield, model cantik kala itu.

Seri pertamanya 501 berulang kali didesain ulang, disesuaikan dengan tren fashion yang sedang berkembang. Pada tanggal 20 Mei selalu diperingati sebagai hari jeans yang dimeriahkan dengan konser-konser dari berbagai negara. Dan pada peringatannya perusahaan akan mengeluarkan seri terbatas yang hanya di produksi beberapa unit saja.

Saat ini jeans sudah menjadi pakaian yang umum digunakan oleh semua kalangan. Penggunaannya juga sering dipadu padankan dengan berbagai setelan. Tidak hanya menunjang penampilan kasual namun juga berbagai kesempatan formal. banyak yang menggunakan celanan jeans dengan kebaya dan outfit lain sehingga cocok digunakan untuk menghadiri acara formal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *