Pengertian Investasi Secara Lengkap

Pengertian Investasi Secara Lengkap



Investasi adalah  suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan Finansial. Arti mudahnya ialah sebagaai penanam modal suatu usaha dan ikut serta memperoleh hasil dari keuntungan usaha tersebut.

Pengertian definisi investasi Menurut Beberapa para ahli ekonomi:
Menurut Salim HS dan Budi Sutrisno:
Pengertian investasi menurut ahli ekonomi Indonesia ini adalah penanaman modal yang dilakukan oleh investor, baik investor asing maupun domestik dalam berbagai bidang usaha yang terbuka untuk investasi, yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.
Menurut Fitzgeral:
Pengertian Investasi menurut Fitzgeral adalah suatu aktivitas yang berhubungan dengan usaha penarikan sumber – sumber (dana) yang dipakai untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang dan dengan barang modal tsb akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.
Menurut Kamaruddin Ahmad:
Sementara menurut Kamaruddin, pengertian investasi itu adalah menempatkan uang / dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang / dana tersebut.
Bila ditelaah, ada 3 pengertian investasi menurut Kamaruddin, yaitu:
Investasi adalah suatu tindakan untuk membeli saham, obligasi atau suarat penyertaan lainnya.Investasi itu merupakan suatu tindakan untuk membeli barang – barang yang digunakan untuk modal.Investasi itu adalah pemanfaatan dana yang tersedia untuk dipergunakan dalam produksi dengan pendapatan di masa yang akan datang.

BacaInvestasi Jangka Panjang Dan Jangka Pendek ?

Jenis atau Bentuk Investasi

Secara garis besar ada dua bentuk investasi yaitu langsung (direct investment) dan tidak langsung (indirect investment) atau portofolio investment.
Investasi langsung dapat dilakukan dengan mendirikan perusahaan patungan (joint venture company) dengan mitra lokal dengan melakukan kerja sama operasi (joint operation scheme) tanpa membentuk perusahaan baru dengan mengkonversikan pinjaman menjadi penyertaan mayoritas dalam perusahaan lokal dengan memberikan bantuan teknis dan manajerial dengan memberikan lisensi dan lain lain.
Investasi tidak langsung adalah investasi yang dilakukan pada kegiatan tranksasi pasar modal dan di pasar uang (money exchange). 
Tindakan yang salah saat berinvestasi yang dapat mengakibatkan kerugian

Tidak memiliki rencana investasi yang jelas. Karena ini terkait dengan masa depan investor tersebut, maka tanpa memiliki konsep yang kuat investasinya bisa merupakan suatu kesalahan.
Investor terkadang kurang sabar dan ingin segera menikmati keuntungan padahal investasi adalah suatu program jangka panjang. kita mesti bisa menerawang jauh ke depan dan jangan mengambil langkah yang emosional dan terlalu cepat walau melakukan langkah-langkah yang terukur.
Investor terkadang memperoleh informasi yang terlalu berlebih sehingga mengaburkan analisis yang telah baik yang diperoleh sebelumnya.Calon investor gampang terpengaruh gimik (rencana bisnis) yang menjanjikan kaya dalam sekejap (get rich quick scam). Dan melupakan hukum ekonomi yang paling mendasar yaitu High Risk High Return (Pengembalian tinggi pasti beresiko tinggi pula). Misalnya bila uang diinvestasikan ke deposito bank maka bunga yang didapat akan lebih rendah daripada bila diinvestasikan ke suatu bisnis seperti bisnis makanan yang dapat memperloleh pengembalian 100% dari modal.
Contoh investasi adalah pembelian berupa asset financial seperti obligasi, saham , asuransi. Dapat juga pembelian berupa barang seperti mobil atau property seperti rumah atau tanah.

Kesimpulan :
investasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan menanamkan modal tertentu guna mendapatkan keuntungan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *