astra

Pemberdayaan Ekonomi Melalui Transportasi

Secara singkat, Astra International merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi otomotif bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International Incorporated. Pada tahun 1990, pihak perseroan sepakat untuk mengubah nama menjadi PT Astra International Tbk. Di bursa efek, sejak tanggal 4 April 1990, Astra telah tercatat sebagai anggota Bursa Efek Jakarta.

Bagi penduduk Indonesia, Astra lebih identik dengan kendaraan bermotor seperti sepeda dan mobil. Walaupun begitu, sebenarnya bidang usaha Astra sangat luas, meliputi otomotif, jasa keuangan, alat berat, agribisnis, teknologi informasi, infrastruktur. Anggaran Dasar Astra menyebutkan jika ruang lingkup perusahaan adalah perdagangan umum, perindustrian, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan dan jasa konsultasi. Sedangkan anak perusahaan Astra beroperasi di bidang perakitan dan penyaluran mobil, sepeda motor sekaligus suku cadang, penjualan dan penyewaan alat berat, pertambangan dan jasa terkait, pengembangan perkebunan, jasa keuangan, infrastruktur dan teknologi informasi.

Bila kita menilik tahun pendiriannya, tak terasa sudah lebih dari enam dekade Astra hadir dan melayani rakyat Indonesia dengan berbagai layanan dan produknya. Melalui produksi kendaraan bermotor, Astra mempermudah perpindahan penduduk, mempercepat pengiriman barang serta efisiensi biaya transportasi.

astra
(Gambar : dyandra.com)

Alat transportasi tradisional berupa hewan, yang penuh keterbatasan dan kekurangan, perlahan – lahan mulai punah, tergantikan dengan moda transportasi modern seperti sepeda motor, mobil, truk. Akibatnya, pengiriman barang antar daerah semakin cepat dan mampu menggerakkan roda perekonomian penduduk.

Salah satu contoh kecil, kita ambil produk elektronika. Jika barang cepat sampai ke tangan konsumen, maka stok di gudang tidak akan menumpuk. Produksi bisa ditingkatkan dan menambah laba perusahaan. Oleh perusahaan, sebagian laba akan diinvestasikan di bidang penelitian dan pengembangan teknologi. Tak pelak, konsumen diuntungkan oleh teknologi yang semakin maju dan membantu aktivitas sehari – hari. Tidak hanya itu, keuntungan perusahaan juga akan dinikmati oleh karyawan, berupa kenaikan gaji.

Perkembangan teknologi informasi mendorong inovasi bisnis. Sekarang bermunculan ojek dan taksi online, sebagai alternatif bagi konsumen. Salah satu syarat kendaraan bermotor yang didaftarkan berusia maksimal 5 tahun. Ini mendorong penjualan kendaraan bermotor. Bahkan, beberapa rekan penulis ada yang berani mengajukan kredit untuk memiliki kendaraan bermotor untuk digunakan sebagai ojek atau taksi online.

Apalagi, beberapa waktu lalu salah satu perusahaan transportasi online menawarkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi anggotanya yang memenuhi syarat. Itu tentu menambah minat pemilik untuk menjadi driver ojek / taksi online.

PT. Astra International juga memiliki lembaga pendidikan di bawah naungannya untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap pakai, yang memiliki kemampuan dan kompetensi dalam industri manufaktur. Lembaga pendidikan tersebut diberi nama Politeknik Manufaktur Astra.

Politeknik Manufaktur Astra memiliki Program Studi sbb: Teknik Mesin Manufaktur (TMM), Teknik Proses & Produksi Manufaktur (TPM), Sistem Informasi, Teknik Otomotif, Teknik Mekatronika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *