Cara Bermain Drum

Apakah kalian ingin belajar cara bermain drum tetapi kalian tidak yakin harus mulai dari mana? Kalian mungkin bertanya-tanya pada diri sendiri seperti

“peralatan apa saja yang dibutuhkan?”

“bagaimana saya bisa belajar bermain drum? Apakah harus dengan seorang yang sudah ahli?”

Dalama artikel ini kami akan menguraikan cara memainkan drum untuk pemula dan memberi kalian dasar untuk memiliki pengalam bermain drum sebaik mungkin. Cara bermain drum untuk pemula yang akan kami bahas yaitu:

  1. Peralatan drum untuk pemula
  2. Cara memegang stik drum
  3. Cara membaca drum sheet music
  4. Cara membaca tab drum

Yang pertama yairu peralatan drum untuk pemula, peralatan yang pertama yaitu tubuh kita sendiri, mulailah dengan drum drum tangan kalian bisa memukulkan tangan kalian ke paha, bantal atau apapun yang bisa digunakan. Kalian juga bisa mengasah imajinasi kalian seolah-olah sedang memukul drum kit. Mulailah dengan mengetuk lagu favorit kalian dan focus bermain bersama instrument lain dalam lagu. Jika kalian tidak bisa mengakses langsung dengan music kalian bisa berlatin dengan menjaga tempo tetap , bergantian antara mengetuk dengan tangan kanan da kemudian dengan tangan kiri. Selanjutnya peralatan pertama saat kalian sudah siap adalah kalian harus memilikiatau membeli stik drum yang bagus, kalian bisa menemukan stik drum di toko music atau bisa membelinya secara online. Belilah stik drum dengan harga yang terjangkau. Selanjutnya setelah kalian bisa lancer memegang stik drum kalian bisa mulai berlatih memukul bantal atau meja dengan stik drum, memulai ritme sederhana dan harus terus meningkat, selanjutnya kalian bisa mulai berlatih dengan menggunakan drum kit dari karet jika kalian mau. Ataukalian bisa mempelajari bermain drum dengan metronome, kalian harus belajar mempertahankan tempo yang stabil dan metronome bisa membantu kalian berlatin memukul nada dengan tempo yang stabil.

Selanjutnya kalian harus belajar membaca drum sheet, kita harus bisa membaca drum sheet. Notasi drum adalah kode yang cukup sederhana dan setelah kita memahami dasar-dasarnya hal tersebut akan menjadi mudah. penting bagi drummer pemula untuk mulai dengan membaca ritme drum yang sangat mendasar sebelum mencoba untuk memahami beat drum yang lebih sulit. Mulailah dengan yang sederhana dengan latihan yang menggunakan kombinasi not seperempat dan perempat sisanya dengan semua not dimainkan hanya pada satu drum. Kalian harus mempertahankan irama dan kekerasan saat memukulnya. Karena itu memperkuat koneksi antara otak dan anggota badan dan secara mental . sehingga kalian harus mempersiapkan semuanya dengan matang. Kalian juga bisa memulai melihat video-video youtube dengan ritme yang mudah untuk kalian ikuti dirumah. Kalian harus focus pada koordinasi tangan kanan dan tangan kiri kalian, cobalah latihan tanpa kaki terlebih dahulu sampai tangan kanan dan kiri kalian singkron.

Yang selanjutnya yaitu cara membaca drum tabs, drums tab ini berbeda dengandrum sheet, karena drum tab ini ditulis khusus untuk instrument, mereka menggunakan bagian-bagian dari perangkat drum. Drum tab menggunakan singkatan untuk bagian drumnya.

CC- Crash Cymbal

HH- Hit-hat

Rd- Ride Cymbal

SN- Snare

T1- Hai Tom

T2- Tom Rendah

FT- Lantai Tom

B- Bass Drum

HF- Hit-hat (dengan kaki)

O- Bass drum hits

X- Snare dan hit hat

Tab drum ini menunjukan bagian mana dari jit yang harus kita gunakan dan kapan harus memainkannya. Kalian dapat mempelajari lebih lanjut tentang tab drum di panduan pemula drym tab di interner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *